Pesona Wisata Pulau Bintan, Biru Air Pasir Putih

Menjelajahi Indonesia sama halnya menikmati cermin dunia. Negeri di kawasan Asia Tenggara ini dianugerahi kekayaan alam yang tak terhingga, baik yang di atas permukaan maupun yang terkandung di dalam buminya. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi yakni Pulau Bintan, propinsi Kepulauan Riau, Sumatera. Pulau ini bisa menjadi pilihan karena Anda akan dimanjakan dengan suguhan pemandangan yang menyejukan mata. Di pulau ini, Anda akan dipertemukan dengan objek Wisata Pulau Bintan yang begitu menakjubkan, seperti kawasan pantai Trikora. Sekali berkunjung ke tempat ini, pasti Anda ingin kembali. Lalu, kenapa disebut pantai Trikora? Tidak banyak orang yang tahu terkait nama Trikora. Mungkin saja berkaitan dengan peristiwa bersejarah pada tanggal 19 Desember 1961, dimana presiden RI pertama, Bung Karno, mengumumkan pelaksanaan Trikora untuk pengabungan Papua Barat yang diklaim oleh Belanda. Namun, jika dilihat dari jarak antara Papua dan Bintan yang berjauhan, bisa jadi bukan itu jawabannya. Pasalnya, Papua ada di ujung timur Indonesia dan Bintan ada ujung barat.

Pantai Trikora Sebagai objek Wisata Pulau Bintan, merupakan kawasan yang dikelola oleh hotel Sampoerna di kota Tanjung Pinang. Pantai Trikora terdiri dari beberapa bagian pantai, masyarakat sekitar mengenalnya dengan sebutan trikora satu, dua, tiga, dan empat. Anda akan dipertemukan dengan pemandangan laut yang memukau mata, air jernih kebiruan, dan debur ombak yang tidak begitu besar, menarik minat anda untuk segera menceburkan diri, mandi laut. Kawasan pantainya yang luas, menjadi ruang paling menyenangkan untuk sekedar berjemur di bawah terik matahari, atau berlarian ke sana ke mari, bercanda ria bersama kerabat keluarga. Di tepi pantainya, tumbuh beraneka tanaman pantai, menjadi payung alami dari panas yang menyengat. Duduk di bawah pepohonan, diembusi angin sepoi-sepoi, tentu akan menciptakan nuansa romantis bagi anda yang datang bersama pasangan.

Wisata Pulau Bintan dengan mengunjungi pantai Trikora yang penuh pesona akan memanjakan kerinduan hati Anda akan keindahan alam Indonesia. Gulungan ombak yang indah menjadi isyarat untuk kita membersihkan diri, melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.


Tempat-tempat yang Wajib Dikunjungi dan Tips Saat Berlibur ke Cape Town Afrika Selatan

Cape Town adalah ibukota Afrika Selatan yang penduduknya terdiri dari berbagai macam etnis, dari kulit hitam, kulit putih hingga Asia. Bahasa yang digunakan disini kebanyakan Bahasa Inggris sehingga sangat memudahkan bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke Cape Town. Afrika Selatan juga sangat kaya akan wisata alamnya sehingga banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang ke negara ini untuk menikmati keindahan alam yang spektakuler. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Cape Town, berikut beberapa tempat wisata dan tips berlibur ke Cape Town, Afrika Selatan yang bisa Anda pelajari.

Tips pertama yaitu bagi anda yang suka berkunjung ke tempat indah seperti resort, maka Sun City adalah tempat yang harus dikunjungi selama anda berlibur ke Cape Town. Sun city adalah suatu hidden resort yang bisa ditempuh kurang lebih 3 jam lamanya dari kota Johannesburg. Pemandangan alam di tempat ini sangat menawan dan dilengkapi dengan fasilitas resort pada umumnya seperti hotel, restoran dan taman bermain anak-anak yang sangat terawat baik.

Tips berlibur ke Cape Town yang berikutnya adalah anda wajib mengunjungi Table Mountain yang merupakan gunung kebanggaan Cape Town. Gunung ini sangat indah dan hijau, para pecinta alam sudah pasti tak sabar untuk mendaki gunung ini hingga ke atas. Disini disediakan juga cable car untuk membawa anak-anak naik ke puncak gunung ini. Setelah sampai diatas gunung, kita bisa beristirahat sambil menyantap hidangan di cafe-cafe yang bertebaran disini. Bagi anda yang suka liburan ke pantai, anda harus mengunjungi Boulder Beaches yang memiliki pinguin-pinguin yang lucu untuk difoto. Selama di Cape Town, tak perlu khawatir soal transportasi karena ada banyak transportasi umum untuk mencapai berbagai tempat wisata

Tips berlibur ke Cape Town yang terakhir yaitu anda sebaiknya terlebih dahulu membeli tiket bus City Sightseein Cape Town yang lokasinya tak jauh dari Aquarium terbesar di kota Cape Town. Hal ini untuk memudahkan perjalanan anda mengunjungi tempat-tempat wisata di Cape Town.


Menikmati Liburan yang Romantis dan Tak Terlupakan di Yunani

Mau liburan romantis bersama pasangan? Jawabannya liburan romantis di Yunani saja. kenapa Yunani? Karena negeri Para Dewa ini adalah salah satu tempat paling romantis di dunia. Jika Anda memilih Yunani sebagai destinasi liburan Anda, berikut tempat-tempat indah yang harus Anda kunjungi.

Tempat pertama yang selalu dikunjungi turis adalah Santorini. Banyak wisatawan yang terpukau dengan keindahan Santorini. Disini Anda bisa melihat sunset yang indah sekali, selain itu kebanyakan rumah disini dicat putih sehingga tampak sangat kontras dengan pantai di sebelahnya. Rumah-rumah disini letaknya berdekatan tetapi harus dicapai dengan tangga-tangga sehingga tidak bisa menggunakan sepeda atau alat transportasi lainnya untuk menuju dari rumah ke rumah lainnya. Setelah letih turun naik tangga, anda akan bisa beristirahat di cafe setempat sambil menikmati sunset yang indah. Bagi yang datang bersama pasangan, Santorini adalah tempat yang paling pas untuk memulai liburan romantis di Yunani. Untuk mencapai Santorini, anda bisa naik ferry reguler ataupun naik pesawat reguler. Harga kamar di wilayah ini cukup mahal sehingga sebaiknya anda datang pada saat low season sehingga tidak terlalu menguras kantong.

Lokasi kedua yang merupakan pilihan turis adalah Mykonos. Mykonos adalah sebuah daerah di Yunani yang terdiri dari pulau-pulau yang indah. Pemandangan dari tempat ini sangat fantastis. Apabila anda makan siang atau makan malam bersama pasangan di tempat ini, Anda akan merasakan sesuatu yang berbeda. Untuk mencapai pulau Mykonos Anda bisa naik bus dari pelabuhan lama ke pelabuhan baru, lalu naik ferry reguler, jangan khawatir disini masih ada penginapan-penginapan yang lumayan murah sehingga tidak terlalu menguras kantong Anda. Setelah Mykonos, Anda bisa memilih beberapa destinasi lainnya seperti Pulau Crete yang modern untuk membeli oleh-oleh, mengunjungi Gunung Olympus yang memiliki pemandangan spektakuler atau bisa juga menghabiskan waktu di Desa adat Lindos yang tempatnya sangat romantis untuk makan malam bersama pasangan.

Tips untuk yang akan melakukan liburan romantis di Yunani antara lain pilihlah penginapan yang memiliki dapur kecil, lebih baik kita beli bahan pangan sendiri lalu memasaknya untuk bekal juga sehingga bisa berhemat. Jika kita makan di restoran, sebaiknya pesan satu porsi saja untuk berdua karena di Yunani porsi makanan di restoran terlalu banyak untuk dimakan sendiri.


Liburan Unik Tapi Mengesankan ke Qatar

Mendengar kata Qatar apa yang ada dalam pikiran Anda? Sudah pasti suatu tempat eksotis yang dikelilingi padang pasir yang indah. Selain padang pasir, salah satu tempat wisata yang terkenal untuk liburan ke Qatar adalah Masjid emas atau The Golden Mosque. Kubah masjid besar ini disepuh dengan emas sehingga tampak berkilauan, selain itu interiornya juga sangat unik dan menarik bagi para wisatawan terutama arsitek luar negeri.

Selain masjid dan bangunan unik, di Qatar tempat yang paling sering dikunjungi turis adalah Desert Safari di Doha. Selain menaiki mobil, safari ke tempat ini juga bisa dilakukan dengan menaiki unta. Padang pasir adalah tempat yang sulit diduga sehingga Anda tidak boleh berpencar terlalu jauh dari rombongan jika tidak ingin tersesat. Bagi yang suka pemandangan alam, liburan anda bisa dilengkapi dengan mendatangi Al Ruwais yang merupakan sebuah kota di semenanjung Qatar. Di kota ini sebagian besar alamnya memiliki bentuk-bentuk yang unik seperti ukiran yang disebut sebagai Al Jassasiya. Disini anda akan bisa melihat koleksi petrogyph yang telah berusia 250 – 900 juta tahun.

Bagi anda wisatawan yang sedang berlibur ke Qatar, setelah berkunjung ke Al Ruwais untuk melihat koleksi petrogyph langka yang telah berusia 250 – 900 juta tahun, jangan lupa untuk mengunjungi Al Zubarah yang terletak di sisi barat laut Qatar atau 107 mil dari Doha. Tempat ini adalah salah satu bukti nyata dari kebesaran Qatar kuno yang masih bisa terlihat hingga kini. Di Al Zubarah kita bisa melihat teluk dengan pemandangan yang menakjubkan dan di sekitar teluk ini banyak terdapat rumah-rumah kuno yang terbuat dari lumpur tanah yang masih terpelihara dengan baik hingga kini. Tempat ini membuat kita seolah kembali ke jaman dahulu sehingga bila sayang sekali bila dilewatkan.

Terakhir, apabila Anda datang bersama pasangan, maka liburan ke Qatar wajib diakhiri dengan kunjungan ke Corniche. Corniche adalah kota modern yang memiliki banyak mall, resto, air mancur dan fasilitas modern lainnya. Disini Anda bisa berjalan-jalan di pinggir pantai dan melihat keindahan gedung-gedung pencakar langit di sekitar Corniche saat bersantap malam di restoran. Pemandangan di tempat ini sungguh luar biasa, kita tidak akan mendapatkan pemandangan seperti ini di Indonesia.


Kuliner Khas Madura Yang Wajib Untuk Dinikmati

Bicara soal Madura, hal yang pertama kali terlintas dipikiran kita pastilah sate. Sate Madura adalah salah satu kuliner khas Madura yang paling terkenal di Indonesia. Mungkin hampir setiap daerah di tanah air menyediakan jenis sate yang satu ini. Kuliner adalah salah satu alasan yang menyebabkan orang ingin pergi berwisata ke suatu daerah. Karena umumnya setiap daerah memiliki sekurangnya satu masakan khas daerah yang memiliki cita rasa yang berbeda dari daerah lainnya. Belum puas rasanya jika berkeliling ke berbagai objek wisata tanpa merasakan wisata kulinernya.

Pulau Madura menyajikan pesona alam yang begitu indah yang tentunya wajib untuk dikunjungi. Berbagai wisata pantainya tidak kalah menakjubkan dengan pantai-pantai lain yang ada di pesisir wilayah Indonesia. Hal ini semakin lengkap apabila dilakukan sambil menikmati wisata kuliner khas Madura, seperti Rujak Cingur. Udara pantai yang sejuk sangat cocok sambil menikmati buah-buah segar yang dipadukan dengan kuah petis sebagai ciri khas dari Rujak Cingur asal Madura. Kuah kacang, mungkin itulah yang akrab di lidah kita ketika menikmati rujak di daerah lainnya. Namun, tahukan Anda bahwa rujak sebenarnya berasal dari Madura dengan kuah berupa petis? Sedangkan rujak yang terdapat di daerah lain merupakan perkembangan dari rujak khas Madura ini.

Sate Madura. Inilah makanan khas Madura yang suatu saat nanti bisa saja menjadi makanan nasional, sebab Anda bisa menemukannya di berbagai wilayah di Indonesia. Akan tetapi alangkah nikmatnya bisa mencicipi masakan suatu daerah di dearah itu sendiri ketika berkesempatan untuk mengunjunginya. Sama halnya dengan daerah lain, sate Madura yang terdapat di Pulau yang berbatasan langsung dengan Pulau Jawa ini juga disajikan di dalam sebuah piring plastik yang kemudian ditaburi dengan kuah kacang, kecap, dan sambal. Kuahnya inilah yang membuat sate Madura kian terkenal. Cita rasa yang tinggi ditambah suasana Pulau Madura yang mengagumkan akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

Kuliner khas Madura lainnya yang juga tak kalah nikmat dan wajib untuk dinikmati yaitu soto Madura. Selain sate, sota madura juga merupakan salah satu yang terkenal. Irisan telur dan warna kuah yang keruh membuatnya terasa sangat lezat.


Tempat Wisata Kuliner Medan

Wisata kuliner Medan adalah salah satu tempat wisata kuliner yang paling banyak direkomendasikan oleh para traveler di Nusantara. Selain karena destinasi wisatanya yang mengagumkan, cita rasa masakan khas Medan akan sangat menggugah selera Anda. Apabila Anda berkesempatan untuk mengunjungi kota yang terkenal dengan Danau Tobanya ini, sempatkanlah untuk berkunjung ke tempat-tempat kuliner dan mencicipi beberapa jenis makanan khas Medan yang bercita rasa tinggi dan pasti akan membuat Anda ingin kembali lagi ke tempat ini suatu hari nanti.

Tempat pertama yang wajib Anda kunjungi adalah sebuah warung penjual eskrim yang sangat legendaris. Konon katanya warung ini telah ada sejak zaman Belanda dulu. Menariknya lagi suasana di tempat ini benar-benar seperti berada di museum kuno yang menyajikan menu makanan yang justru tampak modern. Eskrim yang disajikan di wisata kuliner Medan yang satu ini tentu akan membuat Anda ketagihan. Bahkan penduduk Medan sendiri, kerap kali mengunjungi tempat ini di hari libur.

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Medan, kalau tidak dapat melihat luasnya Danau Toba yang memiliki pulau di tengah-tengahnya yang kita kenal dengan Pulau Samosir. Kisah Danau Toba mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, bahkan beberapa kali kisah ini sempat ditayangkan di televisi sebagai cerita rakyat. Danau toba memiliki sejuta pesona termasuk kulinernya, cobalah bermain ke pinggir Danau Toba dan sempatkan untuk menikmati makanan arsik ikan mas yang merupakan ikan hasil tangkapan dari dalam danau. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang paling terkenal di wilayah Samosir Danau Toba. Bumbu kuningnya yang pedas serta aroma rempah-rempah yang khas akan membuat Anda betah berlama-lama duduk di pinggir Danau. Uniknya lagi makanan khas Medan yang satu ini diolah tanpa menghilangkan sisik ikan

Masih penasaran dengan kuliner Medan? Cobalah untuk berjalan mengeliling Danau Toba. Disana Anda dapat menemukan para penjual mie khas Medan yang disebut Mie gomak. Mie gomak memiliki bentuk seperti spageti. Namun, bedanya mie Gomak disantap dengan menggunakan tangan.


Cita Rasa Masakan Khas Pelembang

Palembang adalah salah satu kota yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Oleh sebab itulah Palembang dikenal sebagai ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Selain terkenal dengan Jembatan Amperanya, Palembang juga terkenal dengan kulinernya yang khas. Berikut ini adalah masakan khas palembang yang dapat Anda temui di kota metropolitan Sumatera ini. Jika Anda memiliki waktu libur, cobalah untuk mengunjungi kota yang satu ini. Kemegahan dari Jembatan Ampera akan menyambut Anda dengan pemandangan sungai yang luas dan panjang. Menikmati pemandangan di sekitar Jembatan Ampera paling cocok dilakukan pada malam hari, kerlap kelip lampu perkotaan menambah indah pemandangan di sekitarnya.

Ketika mengunjungi suatu destinasi wisata, tidak lengkap rasanya apabila tidak mencoba kuliner khas dari daerah tersebut. Bicara soal Palembang, yang pertama kali terbayang oleh pastilah pempeknya yang memiliki citra rasa yang tinggi bahkan terkenal di seluruh wilayah nusantara. Pempek Palembang ini disajikan dengan beraneka bentuk dan rasa. Mulai dari bentuk kapal selam yang di dalamnya berisi telur hingga pempek bulat yang dibuat dengan campuran kulit ikan. Masakan khas Palembang yang satu ini disajikan dengan kuah hitam yang disebut oleh masyarakat Palembang sebagai “ cuko”. Tentu saja cuko akan membuat pempek semakin terasa nikmat dan gurih.

Berawal dari kekawatiran para pedagang Cina melihat tangkapan ikan di Sungai Musi yang berlimpah dan tidak diolah, maka terciptalah Pempek Palembang yang merupakan makanan olahan berbahan dasar sagu dan ikan. Selain pempek, makanan lain yang juga bisa Anda nikmati ketika berjalan-jalan mengelilingi hiruk pikuk kota Palembang diantaranya yaitu Tekwan, Tempoyak dan Kue Sri Kayo.

Ketiga makanan khas Palembang tersebut dapat dengan mudah Anda temukan di warung-warung sederhana yang terdapat di sepanjang jalan Kota Palembang. Menikmatinya ketika selesai berkeliling dan berwisata bersama keluarga tentu dapat membantu Anda memulihkan tenaga untuk lanjut mengunjungi destinasi berikutnya. Tekwan, Tempoyak, dan Kue Sri Kayo memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan pempek Palembang yang wajib untuk dicoba. Rasa fermentasi durian pada gulai tempoyak bahkan bisa mengalahkan sambal belacan di rumah Anda.


Hal Hal yang Menarik serta Makanan Khas Jerman

Jerman merupakan negara yang dikenal sebagai salah satu negara penghasil sepeda motor terbesar di dunia. Selain itu, negara tersebut memiliki makanan khas Jerman yang rasanya tak kalah dengan masakan Indonesia. Apabila Anda berpergian ke Jerman, sempatkanlah waktu untuk mengunjungi beberapa tempat yang merupakan ciri khas negara Jerman.

Di kawasan tersebut dibagi menjadi beberapa daerah; daerah utara, tengah, dan selatan. Di daerah selatan inilah terdapat beberapa tempat wisata yang cocok untuk anda penggemar traveling. Kawasan tersebut berisi perbukitan, lembah, dan pegunungan. Salah satu destnasi wisata yang terkenal adalah pegunungan Alpen. Ada juga terdapat hutan lebat yang dikenal dengan istilah The Black Forest. Tidak hanya di daerah selatan, terdapat juga sunga Elbe yang terdapat di daerah utara. Kawasan bagian utara merupakan dataran rendah yang panjangnya sampai ke perbatasan Belanda dan Polandia.

Makanan khas Jerman sendiri ada beberapa macam. Kuliner pertama yang akan dibahas adalah Bienenstich yang mempunyai arti sengatan lebah. Nama dan arti memiliki relasi yang kuat, dinamakan sengatan lebah karena di dalam makanan ini terdapat madu di dalamnya. Makanan kedua yang tidak kalah enak adalah Wurst. Orang Indonesia mengenalnya dengan sebutan sosis, akan tetapi bahan dasar yang digunakan Wurst biasanya daging babi atau daging sapi. Banyak sekali jenis wurst diantaranya adalah Currywurst, Leberwurst, Bratwurst, dan Weisswurst. Ke empatnya bisa dimakan sesuai dengan topping yang kita inginkan tergantung selera masing masing. Kemudian Jerman juga memiliki Gulaschsuppe, yaitu sup kental yang didalamnya terdapat beberapa varian daging seperti daging babi dan sapi. Hal yang membuat unik makanan Gulaschsuppe ini adalah daging nya yang sengaja di potong agak besar, membuat orang yang memakannya akan semakin menikmati hidangan. Biasanya orang Jerman memakan sup ini bersamaan dengan roti.

Itulah beberapa informasi mengenai negara industri Jerman. Tidak hanya mesinnya saja yang membuat dunia kagum, akan tetapi pemandangan alam dan makanan khas Jerman pun mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai pelosok dunia.


Menikmati Pemandangan dan Kuliner Khas Belgia

Salah satu negara di Eropa yang memiliki keindahan alam dan kuliner yang lezat adalah Belgia. Kuliner khas Belgia memang tidak kalah lezat dengan negara lain di Eropa. Negara yang bertetangga dekat dengan Belanda ini dikenal dengan cokelatnya yang lezat. Akan tetapi, bukan cokelatnya saja lah yang terkenal di sana. Negara yang menjadikan Brussels sebagai ibu kota ini memiliki beberapa landmark yang terkenal, salah satu di antaranya adalah Place-Grote Markt merupakan alun-alun yang terletak di tengah kota Brussels. Place-Gorte Markt sendiri dikelilingi oleh gedung gedung tua yang sudah berdiri sejak abad ke 11.

Selain alun-alun Kota Brussels, tidak afdol rasanya apabila kita tidak mengunjungi The Maison du Roi atau dikenal sebagai rumah raja. Dulunya tempat tersebut memanglah tempat tinggal para raja dan keluarganya, akan tetapi sekarang rumah tersebut disulap menjadi museum yang menampilkan koleksi tapistry, benda bersejarah asal Belgia. Di dalam museum tersebut juga terpajang maskot kota Brussels, yaitu Manneken Pis. Maskot itu berupa patung anak kecil yang berambut ikal yang sedang asik buang air kecil. Menurut cerita masyarakat dulunya ada anak kecil yang tidak sengaja buang air kecil di bom tentara nazi yang berujung bom tersebut tidak jadi meledak.

Tidak lupa, pastinya ketika kita sibuk menjelajahi Belgia perut akan terasa lapar. Jangan lewatkan beberapa kuliner khas Belgia yang lezat ini. Di antaranya adalah Frities, yaitu kentang goreng yang dimasaknya pada temperatur tertentu, potongan kentangnya pun sempurna. Makanan selanjutnya adalah Mousles, makanan yang satu ini terbuat dari kerang biasanya disajikan bersamaan dengan frities pada bulan September hingga Februari. Kuliner yang tak kalah lezatnya adalah waffle. Waffle Belgia berbeda dari waffle pada umumnya, terlihat besar dan memiliki pola yang berbeda.

Itulah beberapa tempat di Belgia yang wajib dikunjungi. Jangan heran kalau disana tempat wisata di rawat dengan baik karena para pengunjung dan masyarakat aslinya sangat menjunjung tinggi peninggalan para leluhur mereka. Tidak hanya tempat wisata, apabila berkunjung ke Brussels maka anda wajib untuk mencoba kuliner khas Belgia.


Indahnya Liburan ke Pulau Lombok

Liburan adalah salah satu momen yang paling ditunggu bagi kebanyakan orang. Salah satu tujuan wisata yang bisa anda kunjungi adalah saat libur tiba yakni Pulau Lombok. Pulau Lombok ini adalah sebuah pulau yang terletak di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat dan berada di sebelah timur pulau Bali. Tempat ini juga merupakan objek wisata yang semakin berkembang dengan keindahan tempat-tempat wisatanya. Jadi bukan lagi hal yang tidak mungkin untuk menikmati indahnya liburan ke Pulau Lombok.

Tempat-tempat wisata yang ada di Pulau Lombok sangat bervariasi. Mulai dari wisata pantai hingga ke wisata gunungnya. Ketika anda ingin menghabiskan waktu liburan ke Pulau Lombok, wisata pantai adalah salah satu pilihan yang cocok. Karena di Pulau Lombok banyak sekali terdapat pantai-pantai yang indah. Sebut saja Pantai Senggigi dan Pantai Sekotong. Pantai Senggigi adalah pantai yang paling terkenal di Pulau Lombok. Disana anda bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut. Berbeda dengan Pantai Senggigi yang ramai dikunjungi wisatawan, Pantai Sekotong ini tidak terlalu padat wisatawan. Pantainya yang biru, pasirnya yang putih dan pemandangan alam yang asri membuat anda semakin nyaman dan betah berlama-lama berada di pantai ini. Selain pantai-pantai tersebut, disini juga terdapat pulau-pulau kecil yang biasa disebut gili. Gili-gili yang ada di Pulau Lombok ini memiliki pantai-pantai yang indah. Beberapa gili yang ramai dikunjungi adalah Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Dari ketiga gili tersebut Gili Trawangan merupakan pulau yang paling besar, jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan.

Wisata pantai di Pulau Lombok memang sangat memukau, namun wisata gunungnya juga tidak kalah memukau. Salah satu wisata gunung yang wajib dikunjungi adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 m dpl ini adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Selain itu Gunung Rinjani juga merupakan tempat wisata yang sudah ditetapkan sebagai taman nasional di Lombok. Keindahan alamnya memang sangat mempesona ditambah lagi dengan adanya danau dan aliran air danau yang segar membentuk air terjun. Bagi para pencinta alam, tempat ini akan menjadi tempat yang wajib dikunjungi jika anda liburan ke Pulau Lombok.