Menengok Indahnya Wisata Pulau Pahawang

Tidak banyak yang mengetahui keindahan tempat wisata yang satu ini. Wajar saja demikian, karena memang wisata Pulau Pahawang ini terbilang masih sangat baru di Indonesia. Pahawang sendiri berada di Lampung, tepatnya di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau ini memiliki luas yang cukup besar yaitu sekitar 1.804 hektar. Di pulau ini wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan bawah laut dan juga pesona cantik di sekeliling Pulau Pahawang.

Salah satunya yaitu spot snorkeling yang memang selalu menjadi hal menarik untuk dicoba di manapun itu. Tak hanya satu spot saja, Pahawang juga menyediakan beberapa spot yang bisa dicoba pengunjung. Namun, pada dasarnya semua spot memiliki kesamaan yaitu terdapat beragamnya terumbu karang yang begitu indah. Salah satu spot yang menarik perhatian yaitu Cukuh Bedil. Di spot snorkeling tersebut, pengunjung bisa melihat terumbu karang yang disusun rapi di depan papan bertuliskan “Taman Laut Pahawang”. Terumbu karang tersebut memang sengaja dibudidayakan oleh penduduk setempat untuk menjaga kelestarian ekosistemnya.

Bagi yang kurang suka snorkeling tenang saja, wisatawan bisa bermain-main bahkan berenang di pantainya. Tidak perlu cemas akan arus pantai, karena ombak cukup tenang. Tidak tertarik untuk melakukan keduanya, cukup menikmati keindahan wisata Pulau Pahawang juga tidak masalah. Perahu-perahu yang berlabuh di pinggir pantai bisa menjadi pemandangan menarik bagi wisatawan yang menyukai fotografi. Tak hanya itu, bahkan pemandangan sekitar pun juga layak untuk menjadi sasaran foto para fotografer.

Berkunjung ke Pulau Pahawang bisa dibilang seperti berkunjung ke pulau pribadi. Ini dikarenakan belum banyak wisatawan yang datang untuk menikmati keindahannya. Untuk itu berlibur ke sana sangat cocok bagi Anda yang menyukai kesunyian dan ketenangan. Apalagi pemandangan bawah laut yang begitu indah, akan menambah rasa betah Anda ketika berkunjung. Tak perlu ragu untuk memasukkan wisata Pulau Pahawang ini ke daftar liburan Anda. Keindahan Pulau Pahawang yang begitu menggoda akan membuat siapapun yang datang ke sana tidak ingin pulang.


Wisata Alam di Jember yang Tersembunyi

Hingga saat ini Pantai Papuma merupakan salah satu tempat wisata alam di Jember yang menjadi favorit para wisatawan. Padahal jika dilihat banyak sekali pesona alam di Jember yang begitu menggoda untuk dikunjungi. Beberapa remaja menganggap wisata yang sedang populer merupakan hal yang wajib dikunjungi jika berlibur. Namun, beberapa wisatawan mungkin memang tidak mengetahui tempat-tempat tersebut, sehingga mereka hanya berkunjung ke tempat yang memang sudah jelas pesonanya.

Seperti halnya Pantai Payangan yang mana pesonanya tak kalah menarik dari Papuma. Pantai tersebut merupakan wisata alam di Jember yang belum banyak diketahui wisatawan. Pasir pantai memang tidak putih seperti Pantai Papuma, namun bukit-bukit tinggi yang ada di sekitar pantai akan menambah keseruan ketika berkunjung. Bayangkan saja Anda bisa mengambil foto dari ketinggian bukit, dan menikmati suasana pantai di atasnya. Selain itu, banyak juga nelayan yang melakukan aktivitasnya di Pantai Payangan ini. Hal tersebut tentunya akan menambah pemandangan pantai menjadi lebih hidup dan sangat berkesan.

Selanjutnya, yang tidak kalah menarik yaitu ada Air Terjun Sumber Salak. Air terjun tersebut benar-benar masih asri dan belum banyak diketahui wisatawan bahkan penduduk sekitar. Untuk dapat sampai ke lokasi air terjun butuh perjuangan yang cukup berat karena harus masuk ke dalam hutan di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Namun, semua perjuangan akan terbayar lunas oleh pemandangan air terjun yang disuguhkan. Hal ini dikarenakan Sumber Salak begitu mirip dengan Air Terjun Niagara yang nampaknya semua orang sudah tahu bagaimana keindahannya. Hanya saja Sumber Salak ini jelas tidak setinggi dan sebesar Niagara, bisa dibilang versi mininya.

Itulah beberapa wisata alam di Jember yang masih tersembunyi. Jika Anda mengaku seorang traveler, maka sebaiknya datang dan buktikan keindahannya. Namun, jangan sampai kunjungan Anda menjadi petaka bagi Alam. Ingat selalu bahwa alam harus dijaga dan dilestarikan, bukan dirusak. Jangan hanya untuk kepentingan foto dan selfie saja, Anda menjadi orang yang hilang akal dan tidak menjaga alam.


Menikmati Sedapnya Makanan Khas Ambon

Berlibur ke suatu tempat tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi makanan khas daerah tersebut. Indonesia sudah sangat terkenal dengan wisata alam mempesona yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Hamparan laut dan pegunungan di Indonesia mampu menghadirkan keindahan yang luar biasa dan tentunya ragam makanan khas dari berbagai daerah menjadi penyempurna perjalanan Anda para pecinta traveling. Salah satu daerah yang harus Anda kunjungi minimal sekali seumur hidup adalah Ambon. Ambon menjadi salah satu daerah di Indonesia bagian timur yang memiliki pesona alam yang indah dan makanan khas yang nikmat. Makanan khas Ambon mampu menghadirkan satu cita rasa tersendiri bagi Anda pecinta kuliner.

Anda dapat memulai perjalanan kuliner di Ambon dengan mencicipi papeda. Papeda adalah makanan khas Ambon yang terbuat dari sagu dengan tekstur lengket dan memiliki rasa hambar. Biasanya papeda akan dihidangkan dengan kuah ikan kuning sebagai pelengkapnya. Anda akan terpukau dengan kombinasi rasa yang sempurna dari perpaduan papeda yang memiliki rasa hambar dengan kuah ikan kuning yang gurih. Selain itu, Anda juga harus mencicipi sambal khas Ambon yaitu sambal colo-colo. Sambal colo-colo menjadi pelengkap makanan wajib bagi masyarakat Ambon. Sambal ini sangat nikmat dengan perpaduan berbagai macam bumbu di dalamnya seperti cabai, bawang, dengan tambahan garam serta perasan jeruk nipis yang membuat rasa sambal begitu segar. Makanan lain yang perlu Anda coba adalah bubur sagu ubi. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar sagu dengan ubi sebagai tambahannya. Rasa bubur ini manis dan gurih karena dicampur dengan santan. Selain itu, taburan kacang kenari di dalamnya menjadi pelengkap dalam memanjakan lidah Anda.

Rasanya tidak cukup bila hanya menghabiskan waktu satu hari saja di Ambon. Banyak lokasi wisata yang dapat Anda eksplorasi. Dan tentunya jangan terlewat untuk menikmati sedapnya makanan khas Ambon. Bila perlu rencanakan perjalanan Anda khusus untuk menikmati setiap kuliner khas Ambon. Dijamin perjalanan ke Ambon akan berkesan dan meninggalkan kenangan indah bagi Anda.


Mencicipi Manisnya Makanan Khas Russia

Bagi seorang traveler, mencicipi makanan khas daerah tujuan adalah salah satu hal yang tidak mungkin terlewatkan. Jika anda berkesempatan untuk mengunjungi Negara Rusia, maka Anda harus mencicipi makanan yang menjadi khas Negara tersebut. Ketika Anda berkunjung ke rumah-rumah orang Russia, kemungkinan pertama anda akan disuguhkan teh hangat dan makanan khas Russia. Jadi jangan pernah lewatkan kesempatan mencicipi kuliner khas negeri Beruang Merah saat berkunjung ke sana.

Makanan manis yang pertama yang bisa dinikmati pecinta traveler adalah gingerbread. Meski makanan ini tidak terlahir di Negara Russia, namun gingerbread telah menjadi makanan manis asli dari Russia. Pada awalnya gingerbread tidak seperti sekarang, karena kue ini sudah ditambah bahan-bahan rempah yang berasal dari timur tengah dan india. Gingerbread ini berbentuk persegi dan gepeng. Kota Tula yang terletak di selatan Moskow adalah tempat dimana Gingerbread yang paling populer di Russia berasal. Karena kue ini begitu terkenal di kota Tula, kota ini sampai membangun museum khusus gingerbread.

Makanan khas Russia selanjutnya juga terlahir karena adanya hubungan antara Timur Tengah dan Russia yaitu Chak-chak. Bagi penggila makanan manis, makanan ini merupakan salah satu sajian terpopuler bagi orang Russia. Chak-chak merupakan makanan khas Rusia yang berbentuk Stik. Chak-chak terbuat dari tepung, telur, dan madu, yang kemudian dibentuk menjadi stik. Stik yang telah digoreng kemudian dilapisi dengan sirup madu, sehingga akan terasa manis. Sebelum disajikan ke anda, chak-chak akan disusun bertumpuk dan kemudian dibiarkan mengeras. Chak-chak ini biasanya dijadikan makanan pencuci mulut.

Kue manis yang bisa Anda nikmati berikutnya adalah Churchkhela. di Wilayah Krasnodar, tepatnya di resort-resort tepi pantai, Anda akan menemukan banyak orang yang menjual kue ini. Hidangan penutup ini dibuat dengan mencelupkan rangkaian kacang-kacangan ke jus anggur manis kental agar terbentuk lapisan yang kenyal. Churchkhela merupakan makanan manis khas Russia namun menyehatkan. Makanan ini merupakan makanan khas Russia yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya. Kue ini harus melewati proses pengeringan dari sinar matahari selama kurang lebih 2 minggu dan melewati proses pengeraman selama kurang lebih 3 bulan. Jika penasaran, jangan lewatkan trabeling ke negeri yang dipimpin Vladimir Putin ini.


Mengintip Makanan Kuliner Khas London

Sebagai ibu kota Negara Inggris, London merupakan salah satu kota besar yang ada di Eropa yang sering menjadi tujuan wisata. Kota yang menyandang predikat terbaik di dunia pada pertengahan tahun 2012 ini unggul dalam bidang seni, bisnis, pendidikan, hiburan, mode, keuangan, kesehatan, pariwisata, serta transportasi. Kota ini juga telah tercatat sebagai Bandar udara tersibuk di dunia. Jadi tidak heran jika kota ini sangat diburu oleh para wisatawan dunia.

Apabila Anda berkunjung ke kota tersebut, tidak afdol rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas London. Beberapa makanan khas London adalah Sunday Roast, Baked Potato, Bangers and Mash, Beef Pie and Muffin. Makanan-makanan tersebut sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Meskipun banyak sekali restoran-restoran dari Negara lain di kota ini, makanan tradisional London ini juga tidak kalah menarik. Baiklah saya akan coba paparkan beberapa makanan tradisional tersebut.

Makanan tradisional yang pertama adalah Sunday Roast atau juga dikenal dengan sebutan Sunday Dinner, Sunday Lunch, Roast Dinner atau Sundai Joint. Mengapa makanan ini disebut Sunday Roast atau sunday-Sunday yang lainnya? Karena pada dasarnya makanan ini disajikan ketika hari minggu. Makanan ini terdiri dari daging sapi panggang, domba panggang, ataupun ayam panggang. Menu ini adalah menu yang wajib di coba ketika anda mencari kuliner khas London.

Makanan tradisional yang kedua adalah Muffin. Muffin adalah makanan yang cukup populer dan bisa kita temui di berbagai kota. Namun, muffin yang ada di London biasanya disajikan dalam hidangan afternoon tea. Apa itu afternoon tea? Afternoon tea adalah hidangan sore yang biasanya disajikan pada pukul 04.00-05.00. hidangan yang dihidangkan adalah teh hitam yang diberi susu dilengkapi dengan berbagai macam muffin, pasta maupun sandwich.

Makanan tradisional yang selanjutnya adalah Fish and chips dan Bangers and Mash. Kedua makanan ini sangat simpel dan mudah dibuat. Fish and chips hanya terdiri dari kentang goreng yang dibumbui garam dan cuka dan ikan goreng yang dilapisi tepung bagian luarnya. Sedangkan bangers and mash adalah hidangan makanan yang terdiri dari sosis panggang yang disajikan di atas kentang tumbuk dan disirami saus. Semua kuliner khas London tersebut bisa Anda nikmati ketika mengunjungi kota terbesar Britania Raya itu.


Keunikan Makanan Khas Meksiko

Setiap Negara pasti memiliki makanan khas. Seperti halnya Negara lain, Meksiko juga memiliki makanan dan minuman yang menjadi khas di Negara tersebut. Negara ini terletak di Amerika Utara dan berbatasan langsung dengan Amerika Serikat. Negara yang penduduknya paling banyak berbahasa spanyol ini memiliki ciri-ciri makanan yang berwarna-warni dan pedas. Makanan khas meksiko juga kaya akan protein terutama yang menggunakan jagung sebagai bahan dasar.

Beberapa Makanan yang sangat terkenal di Meksiko yang berbahan dasar jagung dan tortail adalah Tacos, Burritos dan Enchilada. Ketiga makanan ini memiliki kesamaan yaitu menggunakan tortila yang diisi dengan berbagai macam isian. Perbedaannya adalah tortilla pada tacos hanya dilipat sebagian atau setengah lingkaran sehingga isi dari tacos tersebut bisa terlihat. Sedangkan burritos dan enchilada tortilanya dibungkus memutar dan membentuk silinder sehingga isinya hanya terlihat di ujung-ujungnya saja. Perbedaan yang lain terlihat pada penyajian Burritos dan Enchilada. Jika dilihat dari cara penyajianya, Enchilada lebih menarik dibanding Burritos. Pasalnya, Enchilada disajikan dengan siraman saus diatasnya. Pada umumnya, isi dari ketiga makanan ini hampir sama yaitu menggunakan daging, sayuran, kacang, keju, kentang dan kombinasi yang lain tergantung selera.

Makanan khas Meksiko yang juga berbahan dasar tortail adalah Tamales dan Nachos. Tamales sudah ada sejak jaman Maya kuno. Pada masa itu, Tamales dijadikan bekal makanan untuk pergi berburu maupun berperang. Tamales adalah tortail yang terbuat dari bahan dasar tepung jagung yang di dalamnya diisi daging ayam, sayuran, keju dan kombinasi lainya yang kemudian dibungkus dengan kulit jagung atau daun pisang. Sedangkan Nachos adalah makanan yang juga terbuat dari kripik tortail dan disiram dengan saus keju. Sebagai kombinasi yang menarik, Nachos bisa ditambah dengan campuran daging, sayur, seafood dan bahan tambahanya lainnya agar bervariasi.

Meksiko tidak hanya memiliki makanan khas yang berbahan dasar tortail. Makanan lain yang juga menjadi makanan khas Meksiko adalah Guacamole. Berbeda dengan makanan sebelumnya yang berbahan dasar tortail, makanan ini berbahan dasar alpukat. Guacamole merupakan makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari campuran alpukat, garam dan jeruk nipis. Guacamole ini persis seperti saus cocol yang bisa dinikmati dengan tortail chip, roti atau sandwich. Makanan ini cocok sebagai cemilan saat berkumpul bersama keluarga dan sahabat.


Beraneka Ragam Kuliner Khas Manado

Indonesia terkenal dengan beraneka ragam budaya dan makanan khas daerahnya. Salah satu daerah yang juga memiliki makanan khas adalah Manado. Kota Manado yang merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara ini terkenal dengan tempat wisata Taman Laut Bunaken. Selain bisa menikmati wisata alamnya, Anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner khas manado yang sangat lezat.

Salah satu wisata kuliner yang terkenal di Manado adalah Jalan Wakeke. Kuliner khas jalan wakeke ini adalah Tinutuas atau Bubur manado. Bubur manado ini memang sangat lezat, apalagi dimakan dengan sambal ikan roa manado. karena jalan wakeke ini terkenal dengan Tinutuas atau Bubur khas Manadonya, maka jangan kaget jika disana Anda akan menemukan sederet penjual yang menjual Bubur Manado. Tidak heran jika tempat ini dijadikan wisata kuliner oleh pemerintah kota Manado.

Selain jalan wakeke, masih ada tempat wisata kuliner khas manado yang wajib dikunjungi yaitu kampung kodok. Mendengar namanya, jangan berfikir jika tempat ini memiliki makanan khas dari olahan kodok ya. Karena sangat berbeda dengan namanya, Kampung Kodok ini memiliki makanan khas yaitu nasi kuning manado. Nasi kuning manado ini berbeda dengan nasi kuning pada umumnya. Namanya juga makanan khas, pasti ada yang khas dari nasi kuning manado ini. Nasi kuning khas manado ini sangat khas dengan bumbu rempahnya. Dan yang menjadikan khas lagi makanan ini disajikan di atas daun woke dan suiran abon di atasnya. Untuk dapat menemukan kampong kodok ini sangatlah mudah, karena tempat ini terletak di pusat kota.

Kedua tempat tersebut memang terkenal dengan makanan yang menjadi khas di tempat tersebut. Namun, Anda juga dapat menemukan makanan khas manado lainya seperti Cakalang fufu dan Paniki. Cakalang fufu adalah ikan cakalang yang dimasak dengan cara di fufu atau di asap. Sedangkan Paniki adalah masakan dari olahan daging kelelawar. Makanan ini sangat tidak biasa bukan? Namun, menurut masyarakat setempat, Paniki mengandung banyak gizi dan baik bagi kesehatan. Jadi, ketika Anda ingin menikmati kuliner khas manado super lezat dan tidak biasa, anda bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata kuliner tersebut bersama keluarga, sahabat maupun rekan kerja. Dijamin Anda tidak akan kecewa. Karena makanan yang khas dengan rempahnya akan membuat Anda ketagihan untuk dapat kembali datang ke kota ini. Ke kota yang kaya akan budaya, wisata alam dan juga wisata kulinernya.


Kelezatan Sempurna Kuliner Khas Jepang

Telah banyak makanan asing yang masuk dan terkenal di Indonesia. Beberapa contoh kuliner khas Jepang seperti onigiri, sushi, dan takoyaki sepertinya sudah tak asing lagi di telinga kita, bahkan sering kali kita membelinya. Namun, apakah Anda mengerti beberapa kuliner lain khas Negara matahari terbit ini? Beberapa kuliner Jepang ini patut Anda coba.

Makanan yang pertama adalah yakitori. Makanan ini dijuluki sate versi Jepang. Daging yang digunakan bisa bermacam-macam, seperti daging ayam, sapi, atau bahkan babi. Daging ini dipanggang sampai terlihat crispy. Makanan ini juga disebut makanan pergaulan, karena dalam berbagai perkumpulan seperti karaoke, ulang tahun, dan lain-lain, makanan ini dipastikan hampir selalu ada. Dengan saus asam-manis yang lezat, makanan ini mampu menambah kebersamaan bersama teman-teman terasa semakin nikmat.

Bagi Anda penggemar makanan berkuah, Anda wajib mencicipi Nabe. Sup khas Jepang ini wajib dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Jepang saat musim dingin. Kuliner khas Jepang ini dimasak dalam sebuah panci dan ketika sudah matang, baru akan disajikan dalam mangkuk untuk masing-masing orang. Bahan-bahan yang terdapat di dalam Nabe ini sangat beragam, mulai dari miso, tahu, irisan daging, mie, kepiting rebus, dan sayur-sayuran. Sungguh lengkap gizi yang terkandung di dalam Nabe ini, bukan?

Apakah Anda penggemar daging babi? Jika ya, maka tonkatsu menjadi pilihan yang tepat untuk memanjakan lidah Anda. Daging babi pada makanan khas ini digoreng hingga berwarna kecoklatan dan terlihat renyah atau crispy. Tonkatsu disajikan bersama parutan lobak, acar Jepang, dan saus khas Jepang. Konon, tonkatsu disebut sebagai makanan kerajaan karena kelezatannya sangat menggoda, namun, saat ini sudah bisa dinikmati di semua restoran di Jepang. Saat ini, banyak pula tonkatsu yang berbahan daging sapi, namun, tidak mengurangi kelezatannya.

Jepang memang menyimpan banyak kuliner khasnya. Anda tak perlu cemas untuk bisa menikmati kuliner khas Jepang tersebut. Anda bisa datang langsung ke beberapa restoran khusus makanan Jepang yang berada di Indonesia. Namun, jika Anda ingin sensasi yang maksimal, sisihkan uang Anda dan putuskan segera untuk pergi ke Negeri Sakura ini. Selamat berwisata kuliner!


Mencicipi Lezatnya Makanan Khas Korea

Siapa di antara Anda yang tidak mengenal Lee Min Ho? Ya, artis asal Korea yang satu ini sangat digandrungi banyak remaja putri. Jika Anda memiliki rencana pergi ke Korea untuk bertemu dengan Min Ho, jangan lupa mampir untuk mencicipi berbagai macam makanan khas Korea, yang mungkin bisa Anda bawakan kepada artis idola Anda tersebut saat Anda bertemu. Beberapa kuliner di bawah ini dapat menjadi pilihan.

Pilihan yang pertama adalah Kimbap. Makanan berupa nasi putih dengan isian potongan ikan, telur, daging, dan sayuran ini dibungkus dengan rumput laut. Sepintas memang sama seperti sushi, makanan khas Jepang, namun hal yang membedakan antara keduanya ialah bahwa nasi pada Kimbap diberi sedikit garam dan minyak wijen. Kimbap disajikan dalam beberapa potong, dan tiap potongnya akan diracik agar cukup untuk satu kali kunyahan.

Pilihan makanan yang kedua ialah Ramyeon atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Ramen. Mie instan khas Korea dengan campuran telur dan berbagai macam sayuran ini sudah banyak dikenal orang Indonesia. Cita rasa kuah yang kental dan pedas menjadi alasan para pecinta kuliner mengidolakan makanan khas Korea yang satu ini. Ramen biasa disajikan dengan kuah yang sangat panas, bahkan terkadang mereka yang memesannya akan menikmati di atas panci secara langsung.

Tteok atau kue beras adalah makanan khas yang terbuat dari tepung beras khas Korea. Tteok ini dapat dibuat dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Dalam tradisi Korea, terdapat hari khusus dimana semua orang memakan kue beras ini. Kue ini dimakan saat hari pertama tahun baru Korea, untuk menandakan keberuntungan dan bertambahnya usia. Kue dengan berbagai bentuk ini juga biasa dimakan saat pesta perkawinan atau ulang tahun untuk menandai kebahagiaan yang dirasakan.

Makanan khas Korea memang beragam, Anda tinggal menentukan mana yang akan Anda pilih untuk Anda nikmati sendiri. Jika Anda mengaku K-Popers, jangan lewatkan kesempatan Anda untuk pergi berwisata ke Korea dan menikmati berbagai macam kuliner khasnya sekaligus menikmati indahnya negeri Ginseng tersebut.


Kuliner Asli India yang Menggugah Selera

Siapa diantara Anda yang mengidolakan Shahrukh Khan? Jika Anda mengaku penggemar berat artis yang satu ini, Anda harus mencoba beberapa gaya hidupnya. Salah satunya adalah dengan cara mencicipi beberapa kuliner asli India dengan pergi secara langsung ke India. Beragam kuliner dengan beragam rasa dan bentuk penyajian akan dapat Anda jumpai di sana. Berikut beberapa kuliner yang bisa Anda coba.

Jika Anda berwisata ke India Utara, sempatkan diri Anda untuk menikmati Chaat. Makanan yang sangat terkenal di kalangan pedagang kaki lima ini terbuat dari kentang yang ditumbuk halus, lalu dimasukkan ke dalam kuah yang berisi rempah-rempah khas India. Dengan berbagai sensasi rasa, makanan yang memiliki nama lengkap Tikki Ki Chaat dipilih sebagai menu pendamping di banyak restoran. Tidak hanya di India Utara, makanan ini juga bisa dijumpai di India Barat dengan nama Ragda Pattice.

Daging domba atau ayam menjadi bahan dasar makanan bernama Rogan Josh. Makanan khas yang satu ini sangat sesuai bagi Anda yang menggemari makanan pedas. Bagaimana tidak? Kuliner asli India yang satu ini disajikan dengan paprika dan cabai Kashmir yang sangat pedas. Cita rasa yang pedas dan gurih akan menjadi pengingat bagi siapapun yang pernah mencicipi makanan ini.

Bertolak ke India Selatan, di sini kita bisa menjumpai kuliner khas berupa kue beraroma bernama Idli dan Sambar. Idli merupakan kue berwarna putih yang terbuat dari fermentasi kacang hitam dan nasi. Idli disajikan bersama sambar yang merupakan sayur rebus berkuah cokelat dengan rasa pedas. Makanan ini memiliki gizi tinggi, kandungan lemak yang rendah, dan rasa yang enak. Tak jarang, makanan ini dipilih sebagai bekal karena cara pembuatannya tidak sulit.

Apa lagi yang harus Anda pertimbangkan? Anda cukup mempersiapkan diri Anda dengan mengajak orang-orang terdekat, termasuk jika mungkin Anda akan mendapat kesempatan untuk bertemu langsung dengan artis idola Anda, Shahrukh Khan. Segera putuskan sekarang untuk berwisata dan menikmati beberapa kuliner asli India tersebut. Selamat berwisata kuliner!