Siapkan Uang Anda untuk Traveling dan Mencicipi Kuliner Asli India

Berbicara soal India, tentu tidak asing dengan Bollywoodnya atau bahkan serial drama yang tengah marak di Indonesia. Namun, bukan itu yang akan dibahas pada artikel kali ini, melainkan tentang kuliner asli India dan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke India. Mengapa India? Jika diamati, sudah terlalu mainstream jika traveler menjadikan negara-negara di Eropa sebagai tujuan favorit mereka ketika traveling. Untuk itu, tidak ada salahnya Anda mengunjungi India, dimana negeri dengan jumlah penduduk terbanyak kedua dunia ini memiliki destinasi wisata sekaligus kuliner yang tidak kalah menarik dengan negara-negara lain.

Destinasi Wisata Serta Kuliner Asli India yang Wajib Dicoba

Jika Anda berkunjung ke India, tempat wisata yang wajib dikunjungi pertama kali yaitu Taj Mahal. Mungkin bagi wisatawan di penjuru dunia sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut, karena Taj Mahal memang menjadi salah satu keajaiban dunia serta menjadi ikon India. Jika dilihat, Taj Mahal ini bentuknya memang menyerupai masjid, namun tahukah Anda bahwa sebenarnya bangunan tersebut bukanlah masjid. Selain Taj Mahal, tempat lain selanjutnya yang wajib Anda kunjungi yaitu Menara Qutub. Menara ini juga menjadi ikon India swkaligus menara tertinggi yang ada disana. Hal unik yang terdapat di menara tersebut adalah adanya ukiran ayat-ayat Al Qur’an serta pada tiang penjaga menara dihiasi oleh prasasti Brahmi.

Setelah puas berkeliling mengunjungi tempat wisata yang telah mendunia dan menjadi ikon India, rasanya sayang sekali jika Anda tidak mencicipi kuliner asli India. Salah satu hidangan sangat populer yaitu Chaat. Chaat sendiri merupakan camilan yang sangat populer di India Utara. Tidak susah menemukan camilan tersebut, karena banyak sekali pedagang kaki lima yang menjual camilan Chaat ini. Lain tempat lain pula nama, jika berada di India Barat Anda bisa menemukan makanan ini dengan nama Ragda Pattice. Camilan tersebut cukup mengenyangkan karena terbuat dari kentang yang dihaluskan dan disajikan dengan kuah yang dibumbui dengan berbagai rempah-rempah.

Anda penggemar makanan pedas? Maka kuliner asli India Rogan Josh ini wajib Anda coba. Rogan Josh terbuat dari bahan utama daging domba atau ayam. Kelezatan dan kepedasannya pun memang tidak main-main. Pasalnya dalam pembuatannya, hidangan ini dimasak dengan bahan-bahan yang memang luar biasa, seperti yogurt, aneka rempah-rempah, daun salam, paprika, dan cabai Kashmir yang mana rasanya sangat pedas. Jangan coba-coba ya jika punya maag!

Satu lagi kuliner asli India yang perlu Anda cicipi jika berkunjung ke negeri Bollywood yaitu Idli dan Sambar. Selain enak, makanan tersebut merupakan makanan yang kaya akan gizi. Idli dan Sambar ini dibuat dari fermentasi kacang hitam dan nasi, yang diolah dalam bentuk kue dan disajikan dengan Sambar. Sambar sendiri merupakan sayuran yang direbus dan memiliki rasa pedas. Tidak susah menemukan makanan ini, karena hampir di seluruh restoran India Selatan menyajikan makanan tersebut.

Memang Indonesia memiliki banyak tempat wisata dan kuliner yang sangat menarik juga, namun tidak ada salahnya jika sesekali Anda traveling ke luar negeri yaitu ke India. Jadi kapan Anda akan berkunjung ke India? Jangan terburu-buru. Rencanakan perjalaan Anda secara matang sekaligus siapkan dana traveling sebanyak mungkin. Tentu saja selain yang disebutkan di atas, masih banyak sekali tempat wisata yang menarik dan kuliner asli India yang mampu menggugah selera Anda.


Menikmati Indahnya Tempat Wisata dan Uniknya Kuliner Australia

Australia, sebuah negara besar di sisi tenggara Indonesia ini memiliki rahasia kuliner yang belum banyak diketahui. Kuliner telah menjadi bagian dari atraksi unik yang dapat dinikmati oleh wisatawan saat berkunjung ke Australia. Uniknya kuliner Australia akan membuat Anda penasaran dan rindu untuk berwisata ke Negara Kangguru ini. Seperti apakah kuliner tersebut dan dimana Anda dapat menemuinya akan dibahas dalam artikel ini.

Kota-kota yang Menyajikan Uniknya Kuliner Australia

Mayoritas kuliner di Australia berbahan dasar daging, ikan, dan sayuran. Uniknya, masyarakat Australia gemar menginovasi berbagai kuliner dunia dengan gaya mereka sendiri. Mereka juga seringkali menggabungkan resep-resep dunia menjadi suatu resep baru kreasi mereka. Sembari menjelajahi keindahan negara ini, Anda dapat turut menyicipi uniknya kuliner Australia.

Awali perjalanan Anda dengan pergi ke Sydney. Sydney sempat dinobatkan sebagai kota dengan makanan terbaik di seluruh dunia. Kota ini sangat terkenal akan makanan lautnya. Menikmati sajian makanan laut di Pantai Bondi adalah pengalaman kuliner yang patut Anda coba. Selain beragam makanan laut, Anda juga dapat menemui roti unik bernama Damper di Sydney. Damper merupakan roti soda tradisional Australia yang terbuat dari tepung gandum dan gula yang dimasak dengan cara dikubur dalam arang pada api unggun. Meskipun dimasak dengan cara dikubur, Damper tidak akan kotor oleh abu pembakaran karena adonannya mengeras di bagian luar. Uniknya kuliner Australia yang satu ini membuat wisatawan penasaran dan datang untuk mencicipi.

Selesai menjelajahi Sydney, Anda dapat mengunjungi Perth. Luangkan waktu untuk mencoba Deep Fried Mozzarella, yaitu jajanan khas Australia yang terbuat dari keju mozarella yang dibalut tepung kemudian digoreng. Jajanan ini rasanya sangat gurih dan lembut. Menikmati matahari terbenam di Pantai Cottesloe yang ada di Perth sambil menikmati jajanan ini adalah kombinasi yang pas setelah Anda selesai berbelanja di Hay Street Perth yang merupakan pusat perbelanjaan besar di Perth.

Apabila Anda sempat berkunjung ke Melbourne saat bertamasya di Australia, maka Anda dapat menemui makanan pribumi tradisional Australia, yakni daging kangguru. Daging ini biasa diolah menjadi beberapa makanan seperti sup, steak, serta burger. Rasanya sangat lembut dan disebut-sebut lebih enak daripada daging sapi. Seusai mengisi perut, cobalah mengunjungi Royal Botanic Gardens untuk melihat pemandangan danau dan koleksi tanaman yang beragam dan menakjubkan di Melbourne. Masih ingin menghabiskan waktu di Melbourne? Cobalah untuk berkeliling menggunakan transportasi umum yang ada di kota ini. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya yang harus Anda keluarkan untuk mobilisasi karena transportasi umum di kota ini gratis, dan yang satu ini sangat menguntungkan wisatawan.

Sebagai penutup wisata Anda, jangan lewatkan Canberra saat mengunjungi Australia. Disini Anda dapat menemukan uniknya kuliner Australia yang bernama Meat pie. Meat pie merupakan makanan tradisional yang paling terkenal di Australia. Seperti namanya, kuliner ini berbentuk pai yang diisi dengan daging cincang dan bumbu-bumbu gurih lainnya. Seusai menikmati sajiannya, Anda dapat menikmati indahnya kota Canberra dan pemandangan Danau Burley Griffin dari ketinggian 850 meter di atas permukaan laut melalui Telstra Tower.

Apabila Anda adalah tipe orang yang gemar berburu makanan serta membutuhkan banyak referensi makanan, maka Australia harus masuk dalam radar wisata Anda. Alokasikan dana liburan Anda secara berimbang untuk tetap bisa berwisata sekaligus menikmati uniknya kuliner Australia.


Manjakan Lidah dengan Lezatnya kuliner Meksiko

Bagi Anda yang memiliki hobi traveling dan wisata kuliner internasional, mengunjungi Negara Meksiko dan menyicipi ragam kulinernya bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk menikmati masa liburan. Lezatnya kuliner Meksiko akan membuat Anda jatuh cinta pada negara yang berada di Amerika Utara ini. Artikel ini akan merangkum beberapa kota di Meksiko yang patut menjadi destinasi Anda saat ingin melakukan wisata kuliner di Meksiko.

Menikmati Lezatnya Kuliner Meksiko di Kota-kota Asalnya

Setiap kota di Meksiko memiliki keunikan kuliner masing-masing. Sejarah kuliner di negara ini sudah ada sejak tahun 1940-an. Negara ini merupakan negara yang memperkenalkan komoditas cokelat, jagung, dan juga cabai pada dunia internasional, sehingga tidak heran jika berbagai makanan di Meksiko memiliki cita rasa yang pedas. Umumnya berbagai kuliner Meksiko adalah kombinasi ayam, daging babi, daging ayam, bawang putih, bawang merah, keju, dan nasi. Berikut adalah beberapa kota dimana Anda bisa merasakan lezatnya kuliner Meksiko bersama keluarga.

Kota yang pertama adalah Piedras Negras. Di kota ini terdapat sebuah tempat bernama Plaza of the culture yang berisi kumpulan sebagian besar replika piramida dari suku Maya, Aztec, dan Olmec. Sembari wisata, Anda bisa menyicipi kuliner Tacos dan Nachos yang merupakan kuliner andalan Meksiko yang telah terkenal di penjuru Amerika bahkan hingga ke beberapa negara di Asia. Apabila Anda mengunjungi kota ini, maka Anda akan menemui Tacos yang berbentuk gulungan Tortilla berisi berbagai macam masakan di dalamnya. Tacos biasa disajikan untuk sarapan dan terdiri atas telur dadar, kombinasi kentang, sosis atau daging babi yang diasapi. Sedangkan Nachos terdiri dari keripik Tortilla yang berlumuran keju cair atau saus Guacamole.

Berikutnya, apabila Anda menyukai Alpukat, maka kota Yucatan merupakan destinasi wajib saat berkunjung ke Meksiko. Yucatan merupakan penghasil alpukat terbaik di Meksiko. Alpukat di kota ini diolah menjadi saus Guacamole yang banyak dijadikan teman makan berbagai hidangan panggang seperti ikan, ayam, atau daging serta pendamping Nachos dan Tacos. Saus ini memiliki kombinasi rasa yang unik yaitu gurih asam yang enak dan memberikan aroma yang khas pada daging. Masyarakat di Yucatan sangat mencintai Alpukat. Mulai dari sambal alpukat, saus alpukat, BBQ alpukat, acar alpukat, selai alpukat, sup alpukat dapat ditemui di Meksiko. Anda dapat merasakan lezatnya kuliner Meksiko olahan Alpukat di kota ini bersama keluarga sambil mengunjungi situs-situs arkeologi yang ada di sana.

Selain terkenal dengan makanannya, Meksiko juga memiliki minuman populer yaitu Tequila. Di Kota Guadalajara, Anda akan menemukan minuman ini karena di sini merupakan kampung halaman dari minuman Tequila. Tequila merupakan minuman yang terbuat dari bonggol tanaman Agave, yakni tanaman yang berkerabat dengan nanas namun tidak memiliki buah dan ukurannya sangat besar. Selain Tequila, Anda dapat menemui bukti lezatnya kuliner Meksiko dari makanan yang bernama Torta Ahogada. Makanan ini merupakan roti isi yang terdiri atas daging babi asap, yang dilumuri saus bernama chile de arbol salsa. Kombinasi itu membuat roti isi ini memiliki tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, dengan rasa manis-asin yang menggugah selera.

Beberapa kota tersebut dapat menjadi referensi Anda untuk menikmati lezatnya kuliner Meksiko bersama keluarga. Takut menguras kantong? Jangan khawatir, kuliner di Meksiko umumnya hanya berkisar antara USD 2 sampai USD 8. Jadi tunggu apalagi? Segera rencanakan agenda wisata kuliner Anda bersama keluarga ke Negara Sombrero.


Makanan Khas Amerika Serikat Terpopuler dan Enak

Traveling ke negeri Paman Sam tentu tidak lengkap jika belum mencicipi makanan khas Amerika Serikat itu sendiri. Semua orang yang melakukan perjalanan ke Amerika Serikat tentu saja sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam makanan tersebut, karena makanan itu sudah tersebar di berbagai negara lain. Namun tetap saja dalam hal rasa, makanan khas negara ini lebih lezat dan enak jika dinikmati di negerinya langsung sambil melakukan traveling. Bagi yang ingin traveling ke AS, berikut ini ada beberapa referensi makanan wajib yang harus Anda nikmati.

Berbagai Macam Makanan Khas Amerika Serikat

Meski bukan makanan asli buatan Amerika, beberapa makanan berikut memang sangat identik dan khas negeri Adi Daya ini. Jadi tidak heran jika kepopuleran makanan tersebut membuatnya khas dengan AS.

Makanan khas Amerika Serikat yang paling populer salah satunya adalah Hotdog. Hampir sebagian besar orang di seluruh dunia sudah mengenal makanan enak yang satu ini. Jika dahulu hanya terdiri dari beberapa varian, sekarang ini Hotdog tersedia dalam banyak bentuk rasa. Sebagai salah satu ‘junk food’ atau makanan cepat saji, Hotdog memang sangat mudah ditemukan di negara ini. Hotdog ini terdiri dari roti yang di dalamnya ada beberapa bahan yang sangat lezat seperti daging maupun sosis dicampur dengan saus. Tentu saja rasa makanan ini sangat nikmat dan mampu menggoyang lidah.

Makanan khas Amerika Serikat selanjutnya yang tak kalah populer adalah Sandwich. Dilihat dari penampilannya, Sandwich merupakan sebuah makanan yang cukup menggoda mata. Lapisan yang disajikan dibawah atau diatas makanan terdapat sepasang roti yang saling berdampingan. Banyak orang Amerika maupun para wisatawan yang berkunjung ke Amerika menyantap makanan yang satu ini. Jika travelling ke Amerika bersama keluarga, menyantap Sandwich merupakan pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, sandwich cocok dimakan oleh anak-anak karena ada banyak kandungan protein yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan seorang anak.

Makanan yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi di mata para pecinta junk food. Ya, makanan tersebut adalah Hamburger. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Amerika Serikat yang paling banyak digemari oleh semua orang. Di Amerika sendiri, hamburger adalah makanan yang sudah biasa dan terdapat dimana-mana, mulai dari restoran hingga di tempat-tempat wisata. Jadi tidak heran jika makanan ini menjadi makanan yang paling populer di Amerika Serikat.

Kuliner selanjutnya yang wajib Anda nikmati di AS yaitu Pizza. Meskipun berasal dari Italia, Pizza merupakan salah satu makanan wajib Anda coba ketika berada di negeri Paman Sam. Makanan ini memang sudah identik dengan Amerika sehingga tidak heran jika masuk dalam daftar salah satu kuliner khas yang harus dicicipi oleh setiap traveler yang berkunjung ke Amerika. Bentuknya yang menggiurkan serta taburan toping yang menggoda tentu membuat makanan ini semakin lezat.

Dan yang terakhir, makanan khas Amerika Serikat yang sudah tidak asing lagi yakni French Fries. Makanan ini merupakan salah satu makanan cepat saji dan banyak dinikmati oleh para penggemar kuliner dunia. Selain enak dan gurih, harganya juga cukup terjangkau. French fries merupakan makanan terbuat dari kentang yang digoreng dan biasanya dimakan sebagai makanan camilan. Makanan ini sangat cocok disantap ketika berkumpul dengan keluarga ataupun teman disaat waktu senggang. Untuk mendapatkan makanan ini juga tidak sulit karena tersedia di berbagai restoran cepat saji Amerika. Jadi, sembari jalan-jalan menikmati suasana negeri yang dipimpin oleh Barrack Obama ini, Anda juga bisa mencicipi berbagai makanan yang identik dengan Amerika diatas.


Kuliner Khas Timur Tengah yang Populer dan Bikin Ketagihan

Timur Tengah mempunyai banyak makanan enak dan lezat yang patut dicoba oleh setiap orang, terutama para traveler yang sedang berlibur ke Timur Tengah. Jika Anda tengah travelling ke ‘Middle East’, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas Timur Tengah. Kelezatan serta cita rasa khas yang dimiliki kuliner Timur Tengah tentu akan menggoyang lidah Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas beberapa makanan khas dari Timur Tengah yang bisa membuat Anda ketagihan jika berlibur ke Timur Tengah.

Macam-macam Kuliner Khas Timur Tengah yang Tak Boleh Terlewatkan

Hummus adalah panganan terbuat dari chickpea yang berupa saus serta bisa dinikmati dengan kentang ataupun roti pita. Rasanya sangat gurih dan lezat. Hummus merupakan salah satu makanan yang dapat Anda temui di Timur Tengah. Makanan ini telah menjadi primadona bagi negara-negara Arab. Selain enak, hummus juga sangat cocok disajikan sewaktu sarapan. Jika Anda travel ke Timur Tengah tak usah khawatir dengan makanan yang dapat Anda konsumsi. Sudah dipastikan hampir semua kuliner khas Timur Tengah diterima baik oleh lidah warga Indonesia.

Selanjutnya, kuliner khas Timur Tengah yang mesti dicicipi oleh para traveler yaitu Manakeesh. Sudah pernahkah mencicipi Manakeesh pizza ala Arab ini? Kuliner rasa pizza ini mampu menggoyang lidah setiap orang yang mencicipi makanan yang satu ini. Rasanya sangat istimewa, enak, lezat, dan bisa membuat ketagihan. Pizza tersebut berbentuk bulat, ditaburi daging cincang, keju, dan bumbu-bumbu khas bernuansa Arab. Manakeesh sendiri tidak dapat ditemukan di Negara lain terkecuali di daerah Timur Tengah. Bagi Anda yang sedang travelling ke sini, Anda bisa temui makanan ini terutama di restoran-restoran ternama.

Makanan khas Timur Tengah lainnya adalah Tabouleh. Makanan ini semacam salad yang sangat populer di daerah Arab. Kuliner lezat tersebut sangatlah cocok bagi para pecinta vegetarian karena makanan ini terdiri dari berbagai macam potongan sayur diantaranya daun mint, daun parsley, tomat, dan bawang merah. Soal rasa tak perlu ditanya, makanan semacam salad ini sangat enak, lezat dan bisa membuat para traveler ketagihan.

Kemudian kuliner khas Timur Tengah yang tak kalah populernya yaitu Shanklish. Shanklish merupakan keju yang terbuat dari susu kambing atau susu unta. Makanan ini berbentuk bulatan kecil, siap dilahap sebagai camilan pembuka ataupun penutup. Shanklish dibumbui dengan bumbu zaatar atau biasa disebut serbuk cabai yang disajikan dengan potongan tomat, bawang dan minyak zaitun.

Selanjutnya, ada kebab sebagai makanan khas Timur Tengah yang sangat populer dan sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Meski mirip, kebab di Timur Tengah lebih nikmat, enak, lezat dan menggoyang lidah. Jika travelling di Timur Tengah sudah dipastikan banyak sekali warga disana yang berjualan Kebab. Disamping harganya yang lumayan terjangkau, kualitas rasa juga sangat istimewa di lidah. Irisan-irisan daging yang terdapat di dalam Kebab biasanya dilengkapi dengan saus yang rasanya asam dan mampu menambah kesedapan ketika dinikmati.

Makanan khas dari daerah Timur Tengah yang populer terakhir yang wajib Anda nikmati yaitu Kofta. Makanan ini sendiri sangat populer di Pakistan dan Iran. Kofta merupakan makanan yang berbentuk bola-bola terbuat dari daging sapi atau domba, dibumbui dengan bawang yang rasanya sangat mantap. Makanan tersebut dapat disajikan dengan dioven, digoreng ataupun dipanggang. Kofta merupakan kuliner khas Timur Tengah yang sangat cocok dinikmati bersama dengan cocolan saus sambal pedas.


Icip-Icip 5 Makanan Lezat Asal Inggris

Inggris sangat dikenal oleh seluruh penjuru dunia karena negara ini merupakan negara terbesar di Eropa yang mempunyai banyak tempat-tempat terkenal. Selain itu, berbagai makanan lezat asal Inggris juga tak kalah lezatnya sehingga banyak wisatawan ingin berkunjung ke negeri Ratu Elizabeth ini. Jadi tidak heran jika banyak traveler yang penasaran untuk mencicipi lezatnya kuliner Inggrisz. Makanan-makanan yang ada di Inggris terbilang lezat, dan mudah dalam pembuatannya. Bagi Anda yang sedang travelling di Inggris, inilah kesempatan bagus untuk icip-icip makanan lezat khas Inggris.

Makanan Lezat Asal Inggris yang Wajib Dicicipi

Bagi para traveler yang tengah berkunjung di Inggris, tentu sangat membutuhkan makanan sebagai pengganjal perut agar tidak lapar ketika melakukan perjalanan, bukan? Tak usah khawatir kesulitan dalam mendapatkan makanan lezat karena disana banyak sekali makanan lezat asal Inggris yang bisa Anda temukan dengan mudah. Sambil jalan-jalan, Anda dapat mampir ke restoran-restoran yang menyediakan makanan yang hanya ada di Inggris.

Sebelum mulai jalan-jalan di pagi hari, bisa memulainya dengan sarapan Black Pudding. Meskipun namanya Black Pudding namun bukan berarti makanan ini mirip dengan sebuah pudding. Kuliner yang satu ini merupakan makanan tradisional khas Inggris yang berbahan dasar darah babi kering dan lemak. Rasanya lebih lezat jika dibuat dari darah segar yang belum menggumpal sama sekali. Namun, makanan ini tidak disarankan bagi para wisatawan muslim. Pada umumnya, orang-orang menganggap makanan ini adalah sosis. Makanan lezat asal Inggris ini banyak disukai traveler maupun penduduk asli Inggris karena memiliki rasa darah yang kuat. Dalam sajiannya, makanan tradisional Black Pudding ini disajikan bersama dengan bumbu yang serba pedas. Black Pudding bertekstur lembut dan mudah rusak sehingga cocok untuk para traveler semua usia dan traveler berusia lanjut sekalipun.

Untuk para wisatawan yang sedang travel maupun holiday bersama keluarga, makanan satu ini sangat pas dan wajib Anda cicipi. Makanan tersebut yakni Bubble & Squeak. Kuliner lezat ini berbahan dasar daging beku, kubis, kentang, kacang polong, wortel, kecambah Brussels, dan sayuran yang lainnya. Daging dan sayuran tersebut dicincang lalu digoreng. Kemudian seringkali ditambah kentang yang telah ditumbuk, dicampurkan dengan daging hingga matang berwarna kecoklatan. Bagi para pecinta sayuran, daging bisa diganti dengan tofu.

Makanan khas Inggris selanjutnya yang wajib Anda coba yakni Muffin. Makanan ini cocok dijadikan sebagai camilan dan pendamping teh hangat. Rasanya sangat lezat jika dinikmati di pagi hari disertai dengan meminum teh hangat sembari menikmati indahnya suasana Inggris. Bahan dasarnya yaitu adonan roti yang telah diberi ragi dan bahan utamanya yaitu tepung yang dapat diganti dengan tepung jagung. Cara memakannya terbilang cukup unik yaitu harus disobek terlebih dahulu dan diberi polesan mentega, kemudian dipanggang kembali dan siap untuk disajikan.

Fish and Chip adalah salah satu makanan lezat asal Inggris yang selalu menjadi incaran masyarakat lokal maupun wisatawan yang hendak berkunjung ke Inggris. Makanan ini berbahan utama ikan dan kentang, pengolahannya dengan cara digoreng. Meski digoreng Fish and Chip ini memiliki tekstur lembut dan memiliki rasa lezat yang mampu menggoyang lidah.

Roast Meats yaitu makanan berbahan daging iga sapi, ayam, atau kambing panggang, dimasak dalam oven selama lebih dari 2 jam. Makanan ini biasanya ditemukan pada saat musim panas. Biasanya para masyarakat Inggris selalu meluangkan waktu bersama keluarga membuat makanan khas tersebut. Meski tersedia di musim panas, tetapi para traveler bisa menemukan makanan lezat asal Inggris ini di restoran tertentu.


Travelling Sambil Menikmati Kuliner Khas Belanda

Siapa yang tidak kenal dengan negara yang satu ini? Negara ini dahulu pernah menjajah Indonesia dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu sekitar 350 tahun. Ya, negara tersebut adalah Belanda. Namun hal tersebut telah menjadi sejarah sehingga tidak perlu terlalu dipikirkan. Kini masing-masing negara sudah mulai berkembang seperti halnya Belanda yang menjadi salah satu negara penghasil susu terbesar khususnya untuk dijadikan keju. Selain keju Edam yang cukup terkenal hingga di seluruh dunia, ada makanan khas Belanda lainnya yang sayang bila dilewatkan. Pada sistem pola makan masyarakat Belanda terbagi menjadi 3 bagian yaitu makan pagi, siang dan malam yang dimana untuk makanan pagi dan siang memiliki bobot ringan sedangkan untuk malam memiliki bobot yang berat.

Makanan Khas Belanda yang Patut Dicoba Para Turis

Bagi para turis yang sedang berkunjung ke Belanda maka makanan khas Belanda yang patut dicoba adalah stamppot. Makanan ini termasuk kategori makanan sehat. Alasannya, stamppot terbuat dari kentang yang direbus lalu dihancurkan. Setelah itu, barulah dicampurkan dengan bahan lainnya seperti Boerenkool dan wortel. Makanan ini sangat cocok dihidangkan dalam kondisi panas ditemani dengan sosis besar Rookworst. Untuk bisa lebih merasakan sensasi kenikmatan ketika memakannya, sebaiknya makanlah di waktu yang tepat. Maksudnya adalah stamppot akan lebih nikmat lagi bila dimakan pada saat musim dingin.

Masih dengan masakan khas Belanda yang cocok dimakan pada saat musim dingin adalah waterzooi. Waterzooi ini merupakan makanan semacam sup yang berisi ayam. Awalnya waterzooi berisi ikan segar yang diambil dari laut di Belanda tetapi karena perairan tersebut kini sudah tercemar dan membuat ikan-ikan mati dan menghilang maka digantilah menjadi ayam yang mudah ditemukan di pasar. Bahan lainnya yang dimasukkan ke dalam sup tersebut antara lain ada kentang, wortel, telur, mentega dan krim. Akan lebih nikmat bila dimakan bersama dengan roti khas Belanda yaitu Baguette.

Jika Anda sudah kenal dengan waterzooi maka Anda harus kenal dengan makanan sup ini. Makanan khas Belanda lainnya yang berbentuk sup ada sup ercis. Sup ercis ini pun tidak kalah lezat dari waterzooi maupun stamppot. Sesuai dengan namanya, sup ini dibuat dengan bahan baku ercis dan ditambah dengan bahan lainnya seperti wortel, daging ayam atau sapi dan kentang. Penyajiannya pun sama dengan waterzooi yang bisa dihidangkan bersama roti. Roti yang cocok dimakan bersama sup erci antara lain Hard Foll atau Soft Foll. Jika Anda membeli sup ercis di Prancis maka Anda akan disuguhkan dengan roti French Bread. Sebenarnya untuk rasa sama saja hanya dalam penyajian bersama rotinya saja yang berbeda. Agar lebih lengkap, sup ercis ini bisa ditambah dengan perasan jeruk nipis.

Jika diatas membahas makanan yang berat maka yang satu ini berupa camilan. Belanda pun mempunyai makanan camilan yang bisa dinikmati pada saat santai. Camilan tersebut bernama snoepjes. Camilan ini dibuat secara tradisional dengan bahan baku adonan seperti donut, kismis dan potongan apel.

Bagi Anda yang ingin sarapan tetapi bingung mau makan apa maka tidak ada salahnya mencoba makanan khas Belanda yang cocok dijadikan sebagai makanan di pagi hari. Onbijtkoek merupakan kue bolu yang terbuat dari gandum hitam yang kaya rempah. Untuk menyeimbangkan rasa manisnya, biasanya orang Belanda akan mengolesi mentega diatasnya dan ditambah dengan secangkir teh atau susu.


Makanan Prancis Terenak yang Harus Dicoba

Prancis dikenal sebagai negara dengan perkembangan fashion yang berkembang pesat. Banyak hasil karya dari desainer fashion ternama asal Prancis yang berhasil menjadi trend di seluruh dunia. Selain dari fashionnya, negara ini juga dikenal sebagai negara paling romantis di Eropa. Menikmati nuansa romantis bersama pasangan rasanya kurang lengkap bila tidak mencicipi makanan khas Prancis yang terkenal dengan kelezatannya. Dari sekian banyaknya makanan yang ada di negara tersebut mungkin salah satunya menjadi makanan perancis terenak bagi Anda. Namun, jika belum mengenal makanan dari negara romantis ini, jangan khawatir karena artikel ini akan membahas beberapa makanan khas Perancis yang terkenal dengan kelezatan yang tiada duanya.

Makanan Perancis Terenak dengan Penyajian yang Artistik

Membahas dari makanan jalanan yang cukup terkenal di Prancis adalah Gaufres. Gaufres menjadi salah satu makanan Prancis terenak dengan tampilan yang artistik. Jika dilihat, makanan jalanan asal Prancis ini hampir mirip dengan wafle Belgia yang disajikan dengan topping berisi gula bubuk dan selai coklat. Bagi Anda yang sedang menikmati liburan di Prancis bisa menemukan jajanan ini di pinggir jalan kota di Perancis, harganya pun cukup terjangkau. Jadi Anda bisa mencicipi Gaufres sembari menikmati keindahan malam hari di Prancis.

Foie gras juga menjadi makanan Prancis terenak yang pernah ada. Mungkin jika di Indonesia Anda akan susah menemukan makanan ini karena tidak begitu tenar. Namun, makanan ini justru menjadi makanan penting yang ada dalam sejarah kuliner di Prancis, Foie gras juga bisa dikatakan sebagai makanan paling tua yang ada di Eropa. Soal rasa jangan ditanya, makanan yang terbuat dari hati angsa atau bebek ini memiliki citra rasa yang sangat khas dan bisa menggugah selera makan. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya Foie gras sebaiknya langsung mengunjungi negaranya langsung, tidak ada salahnya bila sembari berlibur. Sekalipun harganya cukup mahal namun akan terbalas dengan rasa lezat yang luar biasa.

Mungkin untuk makanan Prancis yang satu ini Anda sudah tidak asing lagi karena sudah banyak restoran maupun hotel yang menyajikan salad. Ya, salad merupakan makanan khas Prancis lainnya yang bisa Anda konsumsi sebagai sarapan. Di dalam salad ada banyak kandungan gizi yang diperlukan untuk Anda yang hendak melakukan aktivitas. Bagi Anda seorang vegetarian maka makanan Prancis yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi karena pada salad terdapat banyak sekali sayuran seperti kol, daun selada dan kentang. Sebenarnya bisa juga ditambahkan dengan daging sapi atau ikan tuna tetapi bagi seorang vegetarian mungkin 2 jenis tersebut bisa diganti dengan sayuran lainnya. Untuk menambah nikmat pada salad tersebut maka ditambahkan sedikit mayones khas Prancis.

Makanan Prancis terenak menurut versi CNN adalah croissant. Croissant bisa Anda temukan di toko bakery yang tersebar hampir di seluruh dunia. Tidak hanya rasa original saja yang tersedia pada croissant, ada juga butter croissant yang merupakan rasa mentega atau cheese croissant yang merupakan rasa keju lezat. Agar lebih lezat, makanan enak dari Prancis ini cocok dimakan bersama segelas teh maupun kopi.

Makanan yang terbuat dari daging sepertinya sudah ada di berbagai negara salah satunya adalah Prancis. Jika di Indonesia terkenal dengan rendang maka makanan Prancis terenak yang terbuat dari daging adalah beef bourguignon. Makanan ini bahkan menjadi makanan kebanggaan dari negara menara Eiffel ini. Menariknya, beef bourguignon ini dimasak dalam anggur merah dalam waktu yang lama sehingga membuat dagingnya memiliki tekstur yang sangat empuk. Tidak heran bila para wisatawan rela mengantri berjam-jam demi merasakan nikmatnya beef bourguignon.


Kelezatan Kuliner Italia yang Mendunia Tiada Tanding

Italia merupakan negara bagian Eropa yang memiliki unsur seni dan sejarah yang sangat kental. Arsitektur sejarah di Itali yang sangat mendunia adalah Colloseum di Roma. Untuk fashion pun Italia bisa dibilang hampir menyamai Perancis karena dunia fashion di negeri ini memang berkembang sangat pesat. Negara yang terkenal dengan makanan pizza ini memang serius dalam menggarap industri pangan maka tidak heran bila banyak kuliner Italia yang mendunia. Makanan khas Italia diolah dengan serius demi mempertahankan originalitas dan kualitas pada pangan tersebut. Kini makanan khas Italia banyak diolah menggunakan teknologi modern namun tetap mempertahankan kehigienisan produk tersebut sehingga makanan Italia bisa diterima baik oleh masyarakat di dunia. Tidak hanya pizza saja yang sudah ada beberapa makanan khas Itali yang sudah mendunia, kira-kira apa saja? berikut ulasannya.

Kuliner Italia yang Mendunia dengan Citra Rasa yang Khas

Bruschetta merupakan salah satu kuliner Italia yang mendunia untuk kategori makanan pembuka atau istilah lainnya dalam bahasa Italia adalah antipasto. Makanan pembuka ini terbuat dari roti yang dipanggang dan dibumbui dengan bawang putih, minyak zaitun, merica dan garam. Untuk membuat Bruschetta semakin lezat maka diberi diberikan toping seperti sayuran, buah maupun daging. Bila dilihat sekilas, bruschetta ini mirip dengan pizza hanya saja roti pada bruschetta tidak akan dimasak bersamaan dengan topingnya dan juga untuk ukuran roti bruschetta jauh lebih kecil dibanding pizza.

Untuk makanan utamanya, pizza menjadi salah satu kuliner Italia yang mendunia. Bahkan hampir setiap negara ada restoran yang khusus menjual pizza. Resep pizza sebenarnya cukup sederhana, hanya berbahan baku roti fresh yang diolesi dengan saus topingnya. Pizza ini menjadi terkenal di seluruh dunia adalah karena beragamnya toping yang bisa Anda pilih sesuai selera. Ada yang berisi daging, jamur, keju, sosis, nanas dan lainnya. Untuk orang Indonesia mungkin pizza yang dijual di negaranya sudah sangat enak tetapi soal keaslian rasa pizza tidak ada satupun negara yang bisa menyamakannya dengan Italia. Di negara ini, pizza dihidangkan tidak secara instan melainkan harus dibakar terlebih dahulu dengan cara wood fired brick oven atau stone baked.

Kuliner Italia yang mendunia untuk kategori makanan utama selanjutnya adalah pasta. Di Indonesia pasti banyak sekali restoran yang menawarkan menu pasta namun pasta di Indonesia tentu berbeda dengan pasta dari negara asalnya. Pasta menjadi makanan pokok bagi warga Italia lalu pada tahun 1980 pasta dijadikan sebagai usaha pangan oleh Romana Tamburin. Biasanya orang lebih suka mengkonsumsi pasta dalam keadaan segar, maka dari itu produsen sengaja membuat pasta beku sehingga konsumen cukup merebusnya di rumah atau di restoran. Hal tersebut berguna untuk mempertahankan kesegaran layaknya pasta yang baru dibuat.

Tidak hanya makanan pembuka dan utama saja yang terkenal di dunia, untuk makanan penutup khas Italia pun ada yang sudah mendunia yaitu tiramisu. Tiramisu terbuat dari bahan telur, gula, keju, kopi dan coklat yang diolah sedemikian rupa sehingga bisa menjadi makanan ringan berbentuk kue maupun puding.

Makanan penutup selain tiramisu adalah pannacotta. Kuliner Italia yang mendunia ini terbuat dari gelatin, krim, gula dan susu yang dimasak mendidih dalam keadaan dingin. Untuk menambah kenikmatan rasanya, pannacotta akan diberi tambahan berupa ceri, strawberi, saus cokelat atau karamel. Anda akan merasakan sensasi makanan layaknya di Italia langsung dan pannacotta ini bisa menjadikan penutupan makan malam Anda menjadi lebih sempurna.


Pulau Wisata yang Patut Dikunjungi Saat Liburan ke Manado

Objek wisata di Manado yang paling terdengar gaungnya adalah Taman Laut Bunaken. Mayoritas wisatawan yang liburan ke Manado pasti tidak ingin melewatkan wisata laut yang satu ini. Namun jangan salah, ternyata banyak tempat wisata lain di Manado yang sebenarnya patut menjadi incaran wisatawan, apalagi tempat-tempat berwujud pulau. Kota yang mendapat julukan Paradise of Celebes ini memiliki pulau-pulau wisata cantik yang dapat membuat Anda terkagum-kagum akan keindahannya. Berikut beberapa pulau-pulau wisata yang dapat menjadi referensi baru bagi Anda yang pertama kali berkunjung ke Manado.

Pulau andalan wisatawan yang pertama adalah Pulau Siladen. Pulau ini merupakan pulau surga di Manado yang terletak di sebelah timur Pulau Bunaken. Pulau ini terkenal dengan hamparan pasir putih pantainya yang bersih dan indah. Aksesnya menuju pulau ini pun tidak sulit, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit perjalanan dengan menaiki kapal motor dari Pulau Bunaken. Pulau surga ini mempunyai wisata penyelaman menarik yang disebut Siladen 1 dan Siladen 2. Bila Anda beruntung, di sini Anda dapat menemui kawanan lumba-lumba lucu yang sering berenang mendekati kapal-kapal wisatawan.

Pulau nirwana kedua yang dapat menjadi target saat liburan ke Manado adalah Pulau Manado Tua. Pulau yang berjarak sekitar 10 mil dari kota Manado, atau sekitar 60 menit perjalanan menggunakan kapal motor ini memiliki gunung api yang tinggi dan dikelilingi pepohonan hijau dan rindang. Panorama bawah lautnya sangat spektakuler, bahkan pulau ini pada tahun 2009 lalu sempat menjadi salah satu lokasi pelaksanaan World Ocean Conference. Bayangkan betapa indahnya pulau ini sampai-sampai dunia internasional pun meliriknya, untuk itu jangan sampai Anda melewatkan pulau ini di daftar destinasi wisata Anda ke Manado.

Bagi Anda yang menyukai suasana yang tenang saat liburan ke Manado, Pulau Mantehage dan Pulau Baling-Baling dapat menjadi pilihan yang tepat. Kedua pulau ini keberadaannya masih jarang diketahui wisatawan, sehingga masih sangat alami dan sepi. Pulau Mantehage letaknya di tengah laut dengan pemandangan sekeliling berupa pohon bakau, sehingga banyak ikan dan biota laut yang terdapat di perairan pulau ini. Ombaknya yang tenang dan arusnya yang sedang membuat pulau ini cocok digunakan untuk snorkling dan diving. Sedangkan Pulau Baling Baling memiliki hamparan pasir putih dan laut biru yang sangat jernih. Pulau ini memiliki bukit kecil yang cocok digunakan untuk menikmati matahari terbit dan matahari tenggelam. Wisatawan akan merasakan kesan romantis di pulau ini, dan terasa seperti pulau milik sendiri.

Ulasan di atas akan memberikan Anda solusi wisata lain di Manado di luar Taman Laut Bunaken. Apakah Anda sudah tidak sabar untuk mengunjunginya? Jika iya, jangan lupa siapkan perencanaan yang matang untuk berkunjung ke Maldiven van Celebes ini. Buatlah agenda liburan ke Manado bersama teman, pasangan, dan keluarga menjadi sebuah momen yang tak terlupakan dengan mengunjungi tempat-tempat terbaik di sisi lain Manado.