Lezatnya Makanan Khas Jogja yang Tidak Bisa Ditemukan di Kota Lain

Jogja menjadi salah satu kota tujuan para traveler untuk menghabiskan waktu liburan baik sendiri maupun bersama keluarga. Kota yang khas dengan gudhegnya ini memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga siapapun akan merasa rindu dengan suasana Jogja yang jarang bisa ditemukan di kota lainnya. Para traveler akan menghabiskan masa liburannya dengan mengunjungi berbagai tempat menarik yang ada di Jogja. Ada banyak tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan begitu juga dengan kulinernya. Makanan khas jogja bisa Anda nikmati selama berkunjung di kota Jogja dan juga bisa membawanya sebagai buah tangan bagi keluarga maupun teman agar bisa mencicipi enaknya makanan asli Jogja. Sambil berkeliling Jogja Anda bisa sembari menjelajahi kuliner yang ada di setiap sudut kota pelajar ini.

Makanan Khas Jogja yang Beraneka Rasa
Tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Jogja tanpa mencicipi makanan khas Jogja bernama Gudeg. Gudeg merupakan makanan yang berwarna coklat tua yang terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan. Untuk bisa menghasilkan warna coklat, gudeg ini dimasak bersama daun jati. Lauk pelengkap lainnya ada telur, tahu, tempe, ayam dan krecek. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Kaliurang, Anda akan menemukan tempat makan gudeg yang cukup terkenal yaitu Gudeg Yu Jum. Gudeg Yu Jum ini berada di Jalan Kaliurang km 5.

Sesampainya di wisata Kaliurang, Anda bisa menikmati wisata alam gunung Merapi. Berkunjung ke Kaliurang harus disertai dengan mencicipi makanan khas Jogja yang populer di daerah tersebut. Nama makanan tersebut adalah jadah. Jadah merupakan makanan yang terbuat dari olahan beras ketan dan parutan kelapa dengan garam. Olahan yang tercampur dengan rata tersebut kemudian ditumbuk sampai halus lalu dipotong-potong. Makanan yang berasal dari Sleman ini menjadi lengkap bila dimakan bersama tempe bacem. Maka banyak orang yang menyebut makanan ini jadah tempe. Bahkan Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi ketagihan setelah mencicipi makanan dari Sleman tersebut.

Salah satu tempat wisata alam yang populer di Jogja dengan menyuguhkan pemandangan laut yang indah serta fasilitas wisata yang memadai adalah Pantai Indrayanti. Obyek wisata laut ini berada di daerah Gunung Kidul dan menjadi pantai paling romantis yang ada di Jogja. Sambil berkunjung ke Pantai Indrayanti cobalah untuk mencicipi makanan khas Jogja yang berasal dari Gunung Kidul yaitu gatot. Makanan yang berasal dari Gunung Kidul ini berbahan baku dari singkong yang terlebih dahulu diolah menjadi gaplek. Warna gatot gelap pekat maka bila pertama kali melihatnya akan merasa heran namun setelah mencicipinya Anda akan melupakan warna tersebut karena rasanya yang sangat lezat.

Makanan dari Gunung kidul lainnya adalah tiwul. Awalnya makanan yang terbuat dari singkong ini merupakan makanan pengganti nasi namun sekarang makanan tersebut menjadi camilan atau oleh-oleh. Tiwul bisa dimakan bersama dengan parutan kelapa atau lauk lainnya sesuai dengan selera Anda. Sampai sekarang tiwul masih eksis dan bisa dengan mudah Anda temukan di pasar tradisional.

Ada banyak sekali makanan khas Jogja yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung ke Kota ini. Mulai dari rasanya yang manis hingga yang asin semua tersedia di Jogja. Anda hanya tinggal mengeksplornya sembari menikmati wisata alamnya. Jika dirasanya Anda kurang puas dalam mencicipi kuliner tersebut, Anda bisa membawanya pulang ke rumah sekalian berbagi kepada sanak saudara.


Tips Liburan Keluarga ke Singapura Untuk Pertama Kali

Singapura merupakan negara kecil namun dari segi kebersihan dan ketertiban, Singapura patut diacungi jempol. Tidak heran bila banyak turis yang datang ke Singapura untuk menikmati liburan. Liburan yang paling seru dan mengesankan adalah liburan bersama keluarga namun hal ini juga bisa menjadi kesulitan tersendiri apabila baru pertama kali berkunjung ke Singapura. Bagi Anda yang hendak liburan keluarga ke Singapura sebaiknya ketahui lebih dalam dulu mengenai negara tersebut. Mulai dari tiket penerbangan hingga suasana dan kondisi di negara yang terkenal dengan patung merlionnya.

Hal yang Harus Diketahui dan Dipersiapkan Ketika Liburan Keluarga ke Singapura
Mulai dari suhunya, Singapura merupakan negara dengan suhu yang hangat yaitu sekitar 27 hingga 31 derajat celcius. Jadi tidak terlalu panas sekali. Maka disarankan ketika liburan keluarga ke Singapura Anda menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun. Sekalipun memiliki suhu hangat tetapi Singapura juga kerap kali turun hujan. Jadi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga bawalah sandal dan juga pakaian yang sekiranya nyaman digunakan ketika hujan turun. Namun, bagi Anda dan keluarga yang lebih memilih menghabiskan waktu untuk pergi ke Mall bisa menggunakan pakaian yang sedikit lebih tebal karena suhu di dalam Mall cukup dingin. Jika tidak ingin repot, bawalah jaket saja sehingga saat di dalam Mall jaket tersebut dipakai tetapi setelah berada diluar dengan cuaca panas maka jaket tersebut bisa dilepas.

Kita tidak akan pernah tahu hal apa yang akan terjadi ketika diluar rumah apalagi jika kita sedang berada diluar negeri. Maka hal yang harus Anda persiapkan ketika liburan keluarga ke Singapura adalah dengan menyimpan nomor-nomor penting yang bisa Anda hubungi bila ada sesuatu terjadi saat Anda sedang liburan di Singapura. Nomor penting yang setidaknya harus Anda catat minimal nomor telepon kantor polisi, ambulance dan Kedubes Republik Indonesia.

Pastikan ketika hendak berlibur ke Singapura Anda sudah memiliki paspor. Sekalipun di Singapura tidak mewajibkan memiliki visa bila hanya berkunjung selama 30 hari tetapi paspor modal utama Anda untuk bisa pergi ke luar negeri. Jika Anda dan keluarga sudah memiliki paspor pastikan bahwa paspor tersebut masa berlakunya tidak kurang dari 6 bulan. Segera memperpanjang paspor bila diketahui paspor tersebut sudah memiliki masa berlaku kurang dari 6 bulan. Jangan sampai liburan keluarga ke Singapura harus tertunda karena masalah paspor.

Untuk menekan budget liburan bersama keluarga agar lebih hemat maka rajin-rajinlah mencari informasi penerbangan ke Singapura yang menawarkan promo tiket pesawat. Jika ada kesempatan promo tersebut harus cepat diambil karena biasanya promo tiket pesawat akan cepat habisnya. Sebenarnya untuk tiket pesawat ke Singapura cukup terjangkau tetapi tidak ada salahnya bila mengambil promo tiket untuk bisa menghemat budget.

Manfaatkan liburan bersama keluarga di Singapura semaksimal mungkin. Anda harus sudah menyusun rencana tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Aktivitas liburan seru yang bisa Anda nikmati bersama keluarga adalah pergi ke Singapore River, naik cable car dan jangan lupa lengkapi momen liburan keluarga ke Singapura untuk mengabadikan momen di Patung Merlion yang merupakan ciri khas negara Singapura. Bila ingin pergi ke Universal Studio Singapore sebaiknya membeli tiket secara online karena harga yang ditawarkan bisa lebih murah dibanding saat di lokasinya langsung. Bagi Anda yang ingin membawa buah tangan ke Indonesia maka tempat wisata belanja murah ada di China Town atau Bugis Street.


Tips Travel ke Korea Agar Liburan Menjadi Berkesan

Demam Korea sepertinya memang sudah melanda di Indonesia. Salah satunya adalah karena munculnya K-pop yang beranggotakan perempuan cantik dan pria tampan. Hal ini membuat Korea menjadi negara tujuan wisata favorit. Tidak hanya karena K-pop saja, masih terdapat berbagai macam alasan kenapa Anda harus mengunjungi negara ginseng tersebut. Bagi Anda yang baru pertama kali mengunjungi Korea sebaiknya perhatikan tips travel ke Korea agar perjalanan wisata Anda menjadi menyenangkan. Korea Selatan menyimpan sejuta keindahan mulai dari wisata alam, budaya hingga kuliner. Disana Anda juga bisa melihat dan menikmati salju di lokasi aman. Hanya saja masih banyak yang beranggapan bahwa traveling ke Korea itu mahal. Korea itu bisa menjadi negara yang bersahabat untuk para turis khususnya dalam segi biaya. Jadi bagi Anda yang ingin meminimalisir pengeluaran saat pergi ke Korea maka wajib baca tips dibawah ini.

Travel ke Korea dengan Budget Minim
Sebelum pergi ke Korea Anda harus membuat jadwal perjalanan. Tentukan berapa hari Anda berada di Korea dan tempat wisata apa saja yang hendak dikunjungi. Tips travel ke korea yang satu ini sangat penting sehingga Anda bisa memperkirakan budget yang akan dikeluarkan selama di negara ginseng tersebut. Bagi Anda yang masih bingung membuat jadwal perjalanan untuk di Korea, Anda bisa mencarinya di Internet bahkan biasanya sudah lengkap dengan tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi. Jika perlu Anda juga bisa menyiapkan peta agar disana Anda paham arah.

Setelah jadwal perjalanan telah disusun saatnya memesan tiket untuk keberangkatan. Korea memiliki bandara utama bernama Incheon yang terhubung dengan negara lain salah satunya Indonesia. Dari Jakarta ada 3 penerbangan yang langsung menuju Seoul namun bila ingin mendapatkan harga tiket murah, Anda bisa mengambil penerbangan yang melakukan transit terlebih dahulu. Tips travel ke korea untuk bisa mendapatkan harga tiket murah adalah dengan memesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan setidaknya 19 minggu lebih awal. Jika tiket sudah ada di tangan maka segeralah mengurus visa (bila belum punya) karena warga Indonesia yang berkunjung ke Korea wajib memiliki visa.

Penginapan tentu menjadi hal yang penting ketika sedang berkunjung ke sebuah negara. Korea memiliki tempat penginapan yang relatif murah salah satunya adalah guesthouse. Sekalipun guesthouse tidak terlalu populer tetapi Anda tetap akan menemukannya di kota-kota besar. Bagi Anda penggemar drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat pemandian air panas yang sering tampil pada serial drama korea. Pemandian panas tersebut disebut jimjilbang. Jimjilbang sering dijadikan alternatif penginapan para turis sembari merasakan mandi dengan air panas ala drama korea.

Biaya makan di Korea mungkin akan cukup membuat Anda menguras kantong. Untuk harga makanan murah standar korea berkisar 4.000 KRW atau setara Rp 45.000 dan harga makanan terbilang mahal harganya berkisar 15.000 KRW atau setara Rp 169.000. Tips travel ke korea untuk bisa mendapatkan makanan harga murah adalah dengan membeli makanan yang berada di pinggir atau pergi ke warteg khas korea bernama Kimbap Cheonguk.

Berbeda dengan makanan, untuk biaya transportasi di Korea terbilang cukup murah. Ketika sampai di Korea, Anda bisa langsung membeli T-money yang berfungsi untuk membayar alat transportasi seperti bus, taksi atau kereta. Tips travel ke korea yang terakhir adalah perbanyaklah membaca informasi di internet mengenai tour di Korea karena pemerintah Korea sering menyediakan pelayanan tour gratis demi memanjakan para turis yang datang. Selamat menikmati traveling menyenangkan di Korea.


Liburan Mengasyikan dan Hemat di Australia

Australia yang dikenal sebagai negara dengan hewan khasnya kangguru ini menjadi negara favorit para turis. Alasannya karena Australia memiliki beberapa gedung dengan arsitektur yang megah dan menawan contohnya seperti Gedung Opera di Sydney. Pasti akan sangat mengasyikan menghabiskan liburan di Australia. Tips liburan hemat di Australia pasti akan sangat dibutuhkan bagi yang memiliki budget pas-pasan. Pasalnya biaya hidup di Australia sangat tinggi bahkan bisa melebihi negara Eropa lainnya. Hal tersebut tentu juga akan berpengaruh terhadap biaya wisata yang ada di Australia. Tips berlibur hemat akan sangat membantu para turis sehingga mereka bisa menikmati liburan di negara kangguru tersebut tanpa harus terkendala masalah budget.

Tips Berlibur Hemat di Australia
Kota di Australia yang paling banyak dikunjungi oleh para turis adalah Sydney, Perth dan Melbourne. Waktu tempuh penerbangan dari Jakarta ke Melbourne sekitar 7 jam. Untuk menghemat tenaga dan waktu dalam perjalanan, Anda bisa mengambil jam penerbangan malam hari. Indonesia dan Australia memiliki selisih waktu 3 jam. Tidak hanya tenaga dan waktu saja yang harus dihemat, budget pun juga perlu. Maka tips liburan hemat di Australia adalah dengan menggunakan maskapai penerbangan Low Cost Carrier atau Anda juga bisa memanfaatkan internet untuk mencari tiket promo. Biasanya ada beberapa maskapai penerbangan yang menawarkan tiket promo ke berbagai negara salah satunya Australia.

Tips liburan hemat di Australia selanjutnya adalah memilih tempat penginapan yang murah. Sering-seringlah mencari informasi mengenai penginapan murah di Australia. Usahakan penginapan tersebut berada di pusat kota agar Anda mudah mendapatkan akses transportasi. Jika Anda ingin berlibur murah di Australia perhatikan juga musim yang sedang terjadi di Australia.

Kondisi yang tepat saat berlibur ke Australia adalah ketika musim semi pada bulan September-November. Pada musim semi harga barang dan pelayanan cukup murah serta waktu siang hari pun sangat panjang sehingga Anda bisa mengunjungi tempat wisata lebih lama tanpa harus terkendala malam hari. Selain musim semi, pada saat musim dingin semua harga menjadi murah. Bagi Anda yang kuat dengan suhu dingin sekitar 5-11 derajat maka tidak masalah bila berkunjung ke Australia.

Manfaatkanlah bus gratis dalam kota yang disediakan oleh pemerintah. Tips liburan hemat di Australia yang satu ini memang tidak boleh dilewatkan. Anda hanya tinggal duduk manis di dalam bus sambil menikmati pemandangan tanpa harus pusing memikirkan biaya transportasi. Anda pun bisa langsung menuju ke tempat wisata yang ingin Anda kunjungi karena bus ini akan berhenti di setiap tempat wisata.

Bagi Anda yang haus tidak perlu membeli air minum, di Australia air keran sudah siap minum. Air tersebut tentunya sudah memenuhi kriteria sebagai air siap minum. Jadi Anda hanya tinggal berbekal botol minum maka Anda bisa langsung mengambil air minum di kran yang telah disediakan. Anda bisa menemukannya di setiap sudut kota besar. Cara ini tidak hanya diterapkan di Australia saja, di beberapa negara Eropa dan Amerika pun sudah menerapkan sistem siap minum tersebut.

Sebelum berlibur ke Australia pastikan kondisi fisik Anda fit. Jangan sampai ketika sudah di Australia Anda malah jatuh sakit. Tentu liburan tidak lagi menjadi asik. Pastikan kondisi juga cuaca di negara kangguru tersebut pas untuk dikunjungi. Lebih baik hindari berkunjung saat musim panas karena harga akan menjadi melambung tinggi. Sehingga Anda bisa menikmati liburan hemat di Australia yang berkesan.